MUI Cemaskan Tekanan Dagang Soal Fatwa Halal

Tuesday 3 Jun 2014, 5 : 32 pm
daridulu.com/antasena

JAKARTA-Majelis Ulama Indonesia (MUI) menginginkan agar masalah fatwa dan sertifikasi halal tidak “dipegang” oleh pemerintah dalam RUU Jaminan Produk Halal (JPH). Alasanya, hal ini agar menjauhkan pemerintah dari kepentingan ekonomi dan politik.  “Kita tidak ingin fatwa halal ini, karena ada tekanan  perdagangan dan intervensi politik,” kata Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, Makanan, dan Kosmetika (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim dalam diskusi  “Perkembangan RUU JPH” di Gedung DPR RI, Selasa (3/6/2014).

Menurut Lukman, pemerintah tidak akan sanggup melawan tekanan perdagangan internasional dan politik global. Sehingga masalah sertifikasi halal ini bisa saja “dimainkan”. “Kasus ini pernah terjadi pada komoditi MSG. Karena itulah jangan sampai soal halal ini menjadi faktor yang memicu  konflik,” ungkapnya.

Baca juga :  OJK Tetapkan Saham PT Wijaya Karya Beton Sebagai Efek Syariah

Oleh karena itu, kata Lukman, MUI akan bersikap tegas, tetap meminta kewenangan untuk mengeluarkan fatwa halal.   “Jika pemerintah tetap diberi kewewenang untuk label halal, maka silahkan saja sendiri, MUI tidak akan ikut bertanggungjawab. Sebab, efeknya jika ada dua badan yang memberi label halal akan terjadi kontradiksi,” katanya.

Dikatakan Lukman, kewenangan yang diminta MUI semata-mata agar substantif halal yang ditujukan untuk melindungi kepentingan konsumen yang sebagian besar umat Islam. “Lahirnya MUI adalah dalam rangka memberikan rasa aman bagi Muslim dalam memakan suatu produk halal,”  tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Agus Eko adalah salah satu wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ubah Aktivitas Individu Jadi Beregu Biar Makin Seru Selama PPKM

JAKARTA-Pasang surut pandemi yang melanda Indonesia sejak tahun lalu mengharuskan

Indonesia Majemuk, Agama Jadi Roh Aktifitas Umat

JAKARTA-Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag yang juga bertindak