MUI Dorong Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Wednesday 30 Dec 2015, 4 : 38 pm
tempo.co

JAKARTA-Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Maruf Amin berharap pertumbuhan dan pengembangan ekonomi syariah benar-benar menjadi perharian pemerintah. Alasannya hingga akhir 2015 belum menunjukkan hasil optimal. “Kami meminta political will pemerintah agar Indonesia pada tahun 2016 menjadi pusat ekonomi syariah dan produk halal dunia,” katanya di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Selain ekonomi syariah, Maruf Amin juga berharap Indonesia ke depan menjadi pusat halal dunia.

Malah Maruf juga menyerukan pemerintah dan komponen masyarakat untuk menyiapkan diri secara sungguh-sungguh menghadapi perdagangan bebas ASEAN (MEA). MEA akan berlaku di seluruh negara ASEAN mulai 1 Januari 2015. “Kami mengharapkan pemerintah untuk meningkatkan daya saing sehingga memiliki posisi tawar yang kuat di tingkat ASEAN dan juga global,” ujarnya.

Pemerintah, kata Maruf Amin, harus bersungguh-sungguh menggunakan potensi ekonomi dalam negeri secara produktif. “Sumber daya alam dan juga pengembangan industri manufaktur serta peningkatan ekspor jasa harus menjadi prioritas pemerintah,” pungkasnya. **aec

Don't Miss

Surplus Neraca Perdagangan Berlanjut

JAKARTA-Neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus pada bulan Juli 2016,

Kemunculan DCS, Bikin Pesimis Penyelesaian RUU PDP

JAKARTA-Kalangan DPR mengaku pesimis bisa menyelesaikan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data