Nasdem Usulkan Sultan Mahmud Riayat Jadi Pahlawan Nasional

Thursday 15 Jun 2017, 5 : 13 pm

JAKARTA-Pahlawan nasional terbuka kemungkinan akan terus bertambagh. Padahal hingga saat ini sudah ada sekityar 171 pahlawan. Kini, satu lagi Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau mengusulkan Sultan Mahmud Riayat Syah kepada Presiden Joko Widodo agar diberi gelar Pahlawan Nasional. Alasannya Sultan Mahmud merupakan sosok pejuang kemerdekaan yang gigih mengusir Belanda dari monopoli perdagangan timah dan hasil laut maritim yang saat itu menduduki Kepulauan Riau. “Saatnya pemerintah menghargai pahlawan yang berjuang puluhan tahun yang lalu. Apalagi pada saat sekarang visi pemerintah ingin angkat wilayah kemaritiman sebagai potensi Indonesia,” kata anggota Komisi VI DPR Fraksi NasDem Nyat Kadir dalam diskusi “Napak Tilas Sang Gerilyawan Laut Sultan Mahmud Riayat Syah” di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Baca juga :  ForsiNU Wadah Pengabdian Politisi Nahdliyin

Lebih jauh Kadir menjelaskan, Sultan Mahmud merupakan sosok yang hebat menyusun strategi perang laut. Salah satunya pada tahun 1787 saat Belanda menduduki Ibukota yang sekarang disebut Tanjung Pinang, Sultan Mahmud dengan bantuan persenjataan armada laut dari Raja Sabah berhasil mengusir Belanda. “Yang hebat dari Sultan Mahmud ini adalah strategi perang grilya laut itu, saya kira tidak banyak di Nusantara yang punya kehabatan seperti beliau,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

IsDB Kucurkan Hibah US $265.000 Kembangkan Sektor Transportasi di Indonesia

JAKARTA-Grup Islamic Development Bank (IsDB) telah memperkuat kehadiran dan dukungannya

Said Abdullah: Hentikan Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

JAKARTA-Ketua DPP PDI Perjuangan, MH Said Abdullah mengapresiasi ketegasan Presiden