Neraca Perdagangan Indonesia Mei 2014 Kembali Surplus

Tuesday 1 Jul 2014, 8 : 37 pm
by

JAKARTA-Neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2014, sesuai dengan publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) , mengalami surplus 0,07 miliar dolar AS setelah pada bulan sebelumnya mencatat defisit sebesar 1,96 miliar dolar AS. Kinerja neraca perdagangan tersebut dipengaruhi oleh neraca perdagangan nonmigas Mei 2014 yang berbalik dari defisit menjadi surplus meskipun neraca perdagangan migas mencatat defisit yang meningkat dibandingkan kondisi April 2014.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs mengatakan neraca perdagangan nonmigas mencatat surplus 1,40 miliar dolar AS dibandingkan dengan defisit 0,92 miliar dolar AS pada April 2014, dipengaruhi ekspor nonmigas yang meningkat 6,95% (mtm) sementara impor nonmigas terkontraksi 12,05% (mtm). Peningkatan ekspor nonmigas terutama terjadi pada komoditas utama lemak dan minyak hewan/nabati. Selain itu, ekspor batubara dan ekspor produk manufaktur berupa berbagai produk kimia, alas kaki, dan kertas/karton juga mengalami peningkatan. “Menurut negara tujuan, peningkatan ekspor nonmigas Mei 2014 terutama didukung oleh kenaikan ekspor ke Tiongkok, India, dan Uni Eropa. Sementara itu, kontraksi impor nonmigas dipengaruhi oleh penurunan impor pada 8 dari 10 golongan barang utama seperti mesin & peralatan mekanik, mesin & peralatan listrik, dan besi & baja,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (1/7).

Menurutnya, perbaikan kinerja neraca perdagangan Mei 2014 tertahan oleh peningkatan defisit neraca perdagangan migas yang naik menjadi 1,33 miliar dolar AS dari 1,04 miliar dolar AS di bulan April 2014. Meningkatnya defisit neraca perdagangan migas tersebut dipengaruhi oleh kontraksi ekspor migas sebesar 10,40% (mtm) akibat turunnya ekspor gas dan hasil minyak, sementara impor migas justru tercatat meningkat 0,38% (mtm) akibat bertambahnya impor minyak mentah. “BI memandang surplus neraca perdagangan Mei 2014 ini positif dalam mendukung kinerja transaksi berjalan triwulan II-2014. Bank Indonesia akan terus mencermati risiko global dan domestik yang dapat mempengaruhi prospek defisit transaksi berjalan dan ketahanan eksternal,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengembangan Industri Perkapalan Dapat Prioritas

MAKASSAR-Pemerintah menempatkan sektor maritim sebagai salah satu sektor yang mendapatkan
Dari sisi ekspor, sektor perikanan menunjukkan kenaikan yang cukup siginifikan sepanjang tahun ini dibanding tahun sebelumnya

Kinerja Ekspor Meningkat Signifikan, PDB Perikanan Tumbuh 4,55%

JAKARTA-Produk Domestik Bruto (PDB) sektor perikanan tumbuh 4,55 persen pada