Neraca Perdagangan Indonesia Surplus USD 1,33 Miliar

Tuesday 18 Aug 2015, 9 : 28 pm
by
Gedung Bank Indonesia (BI)

JAKARTA-Surplus Neraca Perdagangan Indonesia meningkat dipengaruhi oleh kenaikan surplus neraca nonmigas dan menyempitnya defisit neraca migas. Neraca Perdagangan Indonesia mencatat surplus sebesar 1,33 miliar dolar AS pada Juli 2015, lebih tinggi dibandingkan surplus neraca perdagangan Juni 2015 sebesar 0,53 miliar dolar AS.
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan peningkatan surplus neraca pedagangan nonmigas disebabkan oleh penurunan impor nonmigas yang lebih tajam dibandingkan dengan penurunan ekspor nonmigas. Surplus neraca perdagangan nonmigas naik menjadi 2,20 miliar dolar AS pada bulan Juli 2015 dari 1,67 miliar dolar AS pada bulan sebelumnya. Kenaikan tersebut ditopang oleh impor nonmigas yang turun sebesar 25,1% (mtm) menjadi 7,79 miliar dolar AS, terutama karena penurunan impor mesin dan peralatan mekanik. “Sementara itu, ekspor nonmigas turun sebesar 17,2% (mtm) seiring turunnya ekspor lemak dan minyak hewan/nabati,” ujarnya di Jakarta, Selasa (18/8).
Di sisi lain, jelasanya defisit neraca migas menyempit seiring turunnya impor migas. Defisit neraca migas turun menjadi 0,87 miliar dolar AS di Juli 2015 dari 1,14 miliar dolar AS pada bulan sebelumnya. Impor migas tercatat turun 11,0% (mtm), karena penurunan impor minyak mentah, hasil minyak, dan gas. Sementara itu, penurunan ekspor minyak mentah dan hasil minyak menekan ekspor migas, yang mengalami penurunan sebesar 1,3% (mtm). “BI memandang surplus neraca perdagangan Juli 2015 ini positif dalam mendukung kinerja transaksi berjalan triwulan III-2015 yang semakin membaik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengguna dapat menjumpai langsung #DANAPestaPoin di halaman depan “Home” atau dengan mengecek laman “Pocket”. Dengan memanfaatkan beberapa fitur DANA untuk bertransaksi seperti mengirim uang, membayar tagihan atau lainya, pengguna bisa mengoleksi DANA Points. Bahkan, pada beberapa fitur, poin yang dikumpulkan akan bernilai makin besar sehingga memberi kesempatan lebih besar bagi pengguna untuk memenangkan hadiah.

DANA Dukung Momentum Harbolnas 11.11 Melalui Fitur Interaktif Terbaru

JAKARTA-Dompet digital DANA kembali berpartisipasi dalam turut menyukseskan Hari Belanja

Gusur Warga Panunggangan Barat, Pemkot Tangerang Dinilai Lebih Prioritaskan Kepentingan Ekonomi

TANGERANG KOTA-Pembongkaran paksa yang dilakukan Pemkot Tangerang terhadap pemukiman warga