Neraca Perdagangan Juni 2020 Surplus USD1,27 Miliar

Thursday 16 Jul 2020, 4 : 22 pm
by
Neraca perdagangan Indonesia pada Januari-September 2021 secara keseluruhan mencatat surplus 25,07 miliar dolar AS, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun 2020 sebesar 13,35 miliar dolar AS
Ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat neraca perdagangan Indonesia Juni 2020 kembali mencatat surplus 1,27 miliar dolar AS, setelah pada bulan sebelumnya juga mencatat surplus 2,02 miliar dolar AS.

“Dengan perkembangan tersebut, secara keseluruhan neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Juni 2020 mencatat surplus 5,50 miliar dolar AS, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya yang mengalami defisit 1,87 miliar dolar AS,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Kamis (16/7).

BO katanya memandang surplus neraca perdagangan tersebut berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

“Ke depan, BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan,” jelasnya.

Dia mengatakan surplus neraca perdagangan Juni 2020 dipengaruhi surplus neraca perdagangan nonmigas dan penurunan defisit neraca perdagangan migas.

Neraca perdagangan nonmigas Juni 2020 mencatat surplus 1,36 miliar dolar AS.

Perkembangan ini dipengaruhi ekspor beberapa komoditas yang tetap baik seperti minyak kelapa sawit, kopi, dan biji tembaga, meskipun impor nonmigas meningkat sejalan dengan kembali membaiknya aktivitas ekonomi pasca relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sementara itu, defisit neraca perdagangan migas menurun dari 96,9 juta dolar AS pada Mei 2020 menjadi sebesar 95,2 juta dolar AS, dipengaruhi peningkatan ekspor migas khususnya industri pengolahan hasil minyak dan minyak mentah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

HASTO KRISTIYANTO

Hasto Mengaku Kaget Ada ‘Sandiaga Uno’ di Kamar Hotelnya

GORONTALO-Petinggi partai politik pendukung Ganjar Pranowo di Provinsi Gorontalo sempat

Cegah Dampak Covid-19, Kemenperin Bikin Aplikasi Distribusi Bahan Baku

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya menjaga ketersediaan bahan baku bagi