Nono: Potensi Laut Bisa Sumbang Sekitar Rp12.000 Triliun

Sunday 24 Aug 2014, 8 : 56 pm

JAKARTA – Potensi dan kekayaan laut Indonesia sangat besar, namun sayangnya belum dikelola  dengan baik.

Padahal bisa melipatgandakan APBN.

“Kalau kita kelola dengan baik, maka potensi laut kita bisa 6 kali lipat dari APBN saat ini. Kita tentu akan jauh lebih sejatera dan negara bisa lebih mensejahterakan rakyatnya,” kata anggota DPD RI terpilih periode 2014-2019, Nono Sampono kepada wartawan di Jakarta, Minggu (24/8).

Seperti diketahui, RAPBN 2015 menyebutkan total pendapatan negara sebesar Rp 1.762,3 triliun yang terdiri dari penerimaan pajak Rp 1.370,8 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 388 triliun dan penerimaan hibah sebesar Rp 3,4 triliun.

Sementara itu, total belanja negara mencapai sebesar Rp 2.0199 triliun yang terdiri dari belanja pemerintah Rp 1.379,9 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 640 triliun.

Baca juga :  Achmad Fauzi: Kaum Muda Harus Menjadi Lokomotif Ekonomi Kreatif

Menurut mantan Dankormar ini, kapasitas dan kemampuan yang dimiliki Indonesia belum dimaksimalkan untuk menguasai dan mengelola potensi laut.

“Kontribusi sektor laut saat ini cuma sekitar 18,6%. Padahal, di era terdahulu sudah terbentuk dewan Maritim dan kementerian kelautan, maka tinggal mempertajam saja ide-ide tersebut,” tambahnya

Diakui senator asal Maluku ini, pembentukan poros maritim merupakan visi besar dan tidak sederhana. Hal itu akan mengubah konsep hidup bangsa ini dari darat (kontinental) ke arah (maritim).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Oesman Sapta : Empat Pilar Jadi Benteng Pertahanan Kita

KUBURAYA-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengingatkan ancaman terhadap bangsa saat ini

IKM Mampu Produksi Empat Komponen Kapal Bersertifikat

JAKARTA – Kementerian Perindustrian memberi fasilitas pembiayaan guna mendapatkan sertifikasi