OJK-FSC Perkuat Kerjsama Hadapi Era Transformasi Keuangan Digital

Tuesday 10 Sep 2019, 10 : 24 pm
by
OJK

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Korea Financial Services Commision (FSC) sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di sektor jasa keuangan khususnya menghadapi era transformasi digital. Kesepakatan tersebut terangkum dalam acara “Indonesia-Korea financial Cooperation Forum” yang digelar OJK bekerjasama dengan Korea Financial Services Commission dan Council on International Financial Cooperation (CIFC) di Jakarta, Selasa.

Forum dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida, yang menyampaikan pesan mengenai pentingnya keseimbangan dalam mendorong inovasi di sector jasa keuangan sekaligus memitigasi risiko yang dapat ditimbulkan.

“Perkembangan teknologi merupakan suatu keniscayaan, sehingga menjadi penting bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kerugian yang bias muncul,” kata Nurhaida.

Forum yang dihadiri sekitar 150 partisipan dari sector jasa keuangan Indonesia maupun Korea itu mengangkat tema perkembangan teknologi di sector jasa keuangan dengan pokok pembahasan pada dua topic yaitu: Perkembangan fintech dan masa depan industry jasa keuangan dan Peran teknologi di sector perbankan, IKNB dan pasar modal.

Pembicara dari kedua Negara saling bertukar pengalaman dalam memaparkan perkembangan dan pemanfaatan teknologi di sector jasa keuangan beserta pendekatan dan kebijakan yang ditempuh.

Dalam kesempatan terpisah, juga diselenggarakan bilateral meeting antara OJK dengan Korea FSC yang dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Riswinandi serta Vice Chairman Korea FSC Byung doo Sohn beserta delegasi.

Wimboh menyampaikan fintech dapat menjadi solusi untuk meningkatkan akses layanan jasa keuangan di daerah-daerah.

Untuk itu, Indonesia terbuka terhadap kerjasama di sector jasa keuangan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas sector jasa keuangan Indonesia untuk memanfaatkan teknologi dalam layanan jasa keuangan.

Selanjutnya OJK dan Korea FSC sepakat untuk semakin meningkatkan hubungan di sector jasa keuangan, termasuk melalui forum diskusi seperti yang diselenggarakan hari ini, mengingat forum-forum seperti ini sangat efektif dalam menjawab kebutuhan industry jasa keuangan di kedua negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemendikbudristek Lawan Kekerasan di Satuan Pendidikan

JAKARTA – Lebih dari 369 ribu satuan pendidikan di semua
SAHAM

IHSG Kembali Ditutup Turun 0,40% di Level 7.247,460

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia