OJK Ingin Genjot Asuransi Mikro

Thursday 19 Nov 2015, 3 : 42 pm
by
OJK
ILustrasi

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau para pelaku industri asuransi untuk mengembangkan produknya menyasar kelas bawah dengan menawarkan produk asuransi mikro.

Hal ini penting mengingat 95 persen pekerja Indonesia lebih banyak bergerak di sektor informal. Untuk itu diharapkan sektor pertanian dan peternakan harus menjadi target pasar asuransi mikro.

Demikian disebutkan Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Firdaus Djaelani saat diskusi ‘Insurance Outlook 2016, Prospek Pertumbuhan Ekonomi, Perbankan, Multifinance, dan Asuransi’ di Jakarta, Kamis (19/11).

“Saya tidak pernah bosan untuk mengajak industri ayo jual asuransi mikro untuk kelas lower income,” ujar dia.

Apalagi memang ke depan, kenaikan kelas lower income ke middle income akan banyak migrasi seiring pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun yang akan datang.

“Saya sering tanya ke industri, teman-teman industri sudah jual belum asuransi mikro? Memang jual ini sangat extra effort. Tapi kita semua perlu kaji, premibya harus myrah dan sederjana produknya. Itu akan dapat masuk kemana-mana,” paparnya.

Untuk itu, OJK mengharapkan agar produk asuransi mikro itu terus dapat diterima pasar, perlu diwajibkan agar perusahaan asuransi mau menawarkan produk ini.

“Kami harapkan, sekitar 5 persen dari produknya adalah asuransi mikro. Kalau di bank kami sudah wajibkan sebanyak 20 persen dari penyaluran kreditnya itu harus ke sektor UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah),” ujarnya.

Lebih lanjut Firdaus mengelaborasi pasar asuransi mikro yang masih terbentang luas. Dari sisi pekerja informal, kata dia, jumlahnya mencapai 55 juta yang bergerak di bidang UMKM.

Artinya sebanyak 95 persen pekerja berasal dari sektor informal yang sangat berisiko.

“Ayo ajak kenalkan asuransi sedini mungkin pada lower income,” ajak dia lagi.

Selain itu, sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan menjadi pasar yang positif bagi asuransi mikro.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Diplomat Akan Pasarkan Jember ke Luar Negeri

JAKARTA-Diplomat Indonesia akan turut serta memasarkan Jember ke manca negara

Permintaan CPO Dibawah Ekspektasi

JAKARTA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengaku permintaan minyak