Opsi Inovatif Kembangkan UMKM Melalui Pembiayaan Digital

Tuesday 25 Jun 2024, 8 : 37 am

JAKARTA – Inovasi pembiayaan digital dapat menjadi solusi di tengah pembiayaan konvensional kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Proses pencairan yang dapat dipersingkat dan agunan yang lebih fleksibel dapat mengakomodasi karakteristik UMKM.

Meskipun perbankan dan fintech telah menyediakan opsi ini, namun model bisnis yang ditawarkan beragam, sehingga diperlukan model generik untuk mengisi celah ini.

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyusun kajian model pembiayaan digital yang dapat menjadi referensi stakeholders dalam menerapkan pembiayaan.

Buku kajian Inovasi Model Bisnis Pembiayaan Digital UMKM ini diluncurkan BI bersama OJK di Jakarta (24/6), sekaligus menjadi simbol dimulainya Gerakan “AKUBISA”.

Baca juga :  OJK Dorong Perusahaan Daerah Manfaatkan Pembiayaan Dari Pasar Modal

AKUBISA merupakan gerakan terpadu peningkatan akses UMKM yang mencakup temu bisnis, penyediaan database UMKM peningkatan literasi  melalui kajian inovasi guna meningkatkan daya saing.

Meluncurkan buku kajian tersebut, Deputi Gubernur BI, Juda Agung menyampaikan 3  hal untuk memperkuat peluang pembiayaan UMKM.

Pertama, inovasi dalam pembiayaan UMKM memperluas alternatif model bisnis pembiayaan yang sejalan dengan kebutuhan UMKM serta sejalan dengan risk appetite Lembaga Keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Total Opportunity Loss Produk Palsu Capai Rp291 Triliun

JAKARTA-Saat ini, Indonesia merupakan pasar dagang yang sangat besar hingga

ISKA Gelar MUNAS 2022 di Bali

BALI-Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Tahun