Optimisme Konsumen Semakin Menguat

Wednesday 3 Feb 2016, 6 : 34 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa optimisme konsumen semakin menguat pada Januari 2016. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2016 tercatat sebesar 112,6, meningkat 5,1 poin dari bulan sebelumnya.

Keterangan tertulis Departemen Komunikasi BI menjelaskan peningkatan IKK tersebut didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE). “Saat ini IKE yang tercatat naik masing-masing sebesar 4,4 dan 5,9 poin,” seperti dikutip dari laman bi.go.id di Jakarta, Rabu (3/2).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga menurun pada April 2016. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang turun 2,5 poin menjadi 158,1. Penurunan tekanan kenaikan harga terbesar diperkirakan terjadi pada kelompok perumahan, listrik, gas dan bahan bakar.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (Juli 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, kenaikan jumlah pinjaman 6 bulan yang akan datang diperkirakan lebih rendah dari bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

UU APBN-P Dinilai Inkonstitusional

JAKARTA – Niat DPR untuk mengajak DPD RI guna membahas bersama
pertumbuhan laba bersih tersebut utamanya berasal dari pertumbuhan Fee Based Income (FBI) dan Net Interest Income (NII) yang masing-masing sebesar 16,8 persen dan 17,6 persen (y-o-y).

BBNI Siap Rilis NCD Rp2,5 Triliun dan USD31,5 Juta

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) siap untuk menerbitkan