Pangkas Eselon Dongkrak Daya Saing

Friday 8 Nov 2019, 2 : 23 pm
buruh
ilustrasi

JAKARTA-Penyederhanaan eselon pada semua kementerian dan lembaga perlu segera direspon. Karena memiliki dampak yang baik bagi birokrasi di Indonesia.

Disisi lain, jabatan eselon menjadi dua level dapat mempercepat pengambilan keputusan dan tindakan administrasi pemerintahan.

“Gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memangkas eselon tentunya akan positif bagi percepatan investasi di dalam negeri, administrasi yang njelimet juga bisa menjadi lebih cepat,” kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Rusli Abdullah di Jakarta, Jumat, (8/11/2019).

Lebih jauh Rusli menambahkan dengan birokrasi yang bisa lebih cepat maka diharapkan dapat mendongkrak daya saing Indonesia.

“Daya saing kita turun, dampaknya akan terasa terhadap investasi di dalam negeri,” ucapnya.

Menurut Rusli, Forum Ekonomi Dunia (WEF) mengeluarkan Indeks Daya Saing Global (GCI) tahun 2019 yang menempatkan Indonesia di ranking 50.

Laporan itu menyebutkan Indonesia mengumpulkan skor 64,6 atau turun tipis 0,3 dibandingkan tahun lalu.

Rusli berharap penyederhanaan eselon di setiap kementerian segera direspon karena memiliki dampak yang baik ke depannya bagi birokrasi di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pidato pelantikannya di MPR pada 20 Oktober 2016 menyampaikan bahwa penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran.

Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan.

“Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi dua level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi,” kata Presiden.

Don't Miss

Ganjar Pranowo Kenang Peran Said Abdullah Saat Pilgub Jateng

SURABAYA-Calon Presiden yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo membangkitkan semangat

Hasto: Program Telur Gratis Ganjar-Mahfud Lebih Baik Dari Susu Gratis

JAKARTA-Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membagikan telur