Parlemen Asia Dorong Kerjasama Bilateral Ekonomi

Wednesday 4 Jun 2014, 6 : 42 pm
viva.co.id

JAKARTA-Parlemen Asia menyepakati kerjasama bilateral dan multilateral guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada sidang Standing Committee on Economic and Sustainable Development Affaris-Asian Parliamentary Assembly (APA) 3-4 Juni 2014. “Ada kesepakatan untuk meningkatkan kerangka kerjasama ekonomi antar negara-negara yang hadir,” kata Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), Surahman Hidayat dalam konfrensi pers usai sidang APA, di Hotel Le Meridien, Rabu, (04/06/2014).

Menurut Surahman, beberapa negara yang telah surplus dalam hal ekonomi tentu diharapkan bisa menjadi negara donor (pemberi). “Termasuk juga dengan negara-negara yang surplus dalam masalah energi,” ujarnya seraya menambahkan ada gejala trend pertumbuhan ekonomi sekitar 6% hingga 7,5% di Asia.

Disisi lain, kata Surahman lagi, negara-negara yang menjadi transit dalam perdagangan juga diharapkan mendapat nilai tambah dari kerjasama bilateral ini. “Negara-negara yang menjadi penyuplai energi ini akan mendapat pasar baru,” terangnya.

Baca juga :  Satgas Covid-19: Vaksinasi Adalah Cara Utama untuk Keluar dari Pandemi Korona

Namun demikian, lanjutnya, Parlemen Asia juga menginginkan agar kerangka kerjasama bilateral dan multilateral ini dalam landasan juridis yang jelas. Sehingga bisa bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonominya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

FAKC Koordinasikan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

JAKARTA-Forum Alumni Kelompok Cipayung (FAKC) akan menghimpun dan mengkoordinasikan bantuan

Pejabat Dibodohi Bawahan Bisa Terjerat Korupsi

JAKARTA-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mendorong semua lembaga tinggi negara harus