Parpol Baru Sebatas Alat Kekuasaan

Monday 20 May 2013, 9 : 48 pm
jurnalparlemen.com/andri nurdiansyah

JAKARTA – Kiprah partai politik pasca reformasi baru berperan sebagai alat untuk mencari kekuasaan saja.

Padahal partai politik dapat berperan membangun demokrasi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat yang diwakilinya.

“Para elit politik baru melahirkan partai elektoral atau partai peserta pemilu saja. Belum dilihat sebagai pilar demokrasi yang terbuka, tapi hanya alat untuk mencari kekuasaan,” kata anggota MPR  Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Basyarah dalam dialog bertajuk ‘Refleksi 15 Tahun Reformasi’ di Jakarta, senin (20/5).

Menurut Baskara-panggilan akrabnya, seharusnya partai mampu melahirkan pemimpin dan kepemimpinan yang berdasarkan ideologi partai yang telah menggodok pemimpin yang telah dihasilkannya itu baik di lingkungan pemerintahan maupun di parlemen.

Baca juga :  Presiden Jokowi Dapat Hadiah Burung Kenari dari Pedagang

“Tetapi, yang terjadi tuntutan reformasi yang dijalankan oleh wakil parpol di lembaga negara itu tidak dilaksanakan dengan baik. Itu jelas bertentangan dengan reformasi sendiri. Jadi, elit parpol saat ini hanya melihat demokrasi untuk meraih kekuasaan,” katanya.

Oleh karena itu, Wakil Sekjen PDI Perjuangan ini, untuk mengembalikan kepercayaan rakyat pada parpol dan demokrasi itu sendiri maka seluruh elit parpol diminta kembali ke jiwa dan semangat pendiri bangsa ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BNI Syariah Apresiasi Nasabah Prioritas

JAKARTA – Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengucapkan apresiasi

Menteri Jangan Buat Gaduh di Ruang Publik

Oleh: Emrus Sihombing Dua menteri Kabinet Indonesia Maju silang pendapat