Pasar Antisipasi Data Neraca Berjalan 1Q13

JAKARTA-Bursa AS kembali mencetak  new high  setelah menguat sekitar 1% pada perdagangan semalam dengan didorong oleh saham-saham sektor finansial seiring pasar kembali optimis terkait pertumbuhan ekonomi AS. Dikutip dari www.samuelsekuritas.com, bursa AS sempat dibuka melemah seiring koreksi di bursa Eropa memfaktorkan rilis data economic sentiment di Jerman yang justru melemah. Harga minyak kembali melemah 1% ke level US$94.2/barel dengan diikuti mayoritas harga metal dunia.

Mayoritas bursa Asia kembali bergerak menguat pagi ini terutama bursa Jepang yang kembali menguat seiring nilai tukar Yen yang melanjutkan pelemahannya. Harga minyak dunia rebound pagi ini ke level US$94.3/barel sementara nilai tukar Rupiah terapresiasi ke level Rp9,745/US$.

IHSG sendiri pagi ini diperkirakan akan dibuka menguat seiring penguatan bursa  regional pagi ini. Namun demikian, pasar hari ini akan mengantisipasi rilis data neraca berjalan Indonesia di 1Q13 siang nanti yang diperkirakan akan kembali mengalami defisit. Resistance indeks berada di level 5,125.