Pasar Murah Kini Sambangi Bogor

Monday 29 Jul 2013, 8 : 12 pm
by

BOGOR-Komitmen pemerintah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1434 H dengan menggelar kegiatan Pasar Murah di berbagai tempat di Indonesia terus berjalan.”Target sasaran Pasar Murah kali ini adalah keluarga kurang mampu yang berdomisili di sekitar Korem Badak Putih, Bogor. Mekanisme penjualan pada Pasar Murah ini adalah dengan pemberian kupon untuk menghindari penebusan ganda oleh satu keluarga,” tegas Mendag pada acara pembukaan Pasar Murah di Halaman Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana-Badak Putih, Bogor, Senin (29/7).

Selain menggelar kegiatan Pasar Murah di Kementerian Perdagangan selama satu bulan penuh dan di 33 provinsi seluruh Indonesia, pemerintah juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan Pasar Murah di lokasi-lokasi tertentu untuk membantu memenuhi kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu. Pelaksanaan Pasar Murah di Bogor kali ini merupakan bentuk kerja sama antara Kemendag dengan Korem 061 Suryakancana, PT. Smart, Tbk, PT. Artha Graha, Ramayana & Robinson, Persit 0621 Kab.Bogor, Koperasi Korem 061 serta para pengusaha UKM.

Mendag menjelaskan bahwa pada penyelenggaraan Pasar Murah kali ini, PT. Smart, Tbk. menyalurkan 5.000 liter minyak goreng kemasan; PT. Artha Graha menyalurkan 2.000 kg daging sapi seharga Rp. 65.000/kg dan 2.000  paket sembako murah; PPGI menyalurkan 500 kg gula pasir; Persatuan Istri Prajurit (PERSIT) 0621 Kabupaten Bogor menyalurkan 300 kg telur ayam; serta Koperasi Korem 061 menjual berbagai pilihan minuman ringan. Sementara peritel Ramayana & Robinson juga menyalurkan paket sembako dengan pilihan Rp. 25.000/paket, Rp. 50.000/paket dan Rp. 100.000/paket. ”Di Pasar Murah ini tersedia juga produk makanan olahan, produk sandang, aksesoris dan kerajinan yang disediakan oleh para UKM kita,” ungkap Mendag.

Berdasarkan pantauan harga rata-rata eceran di pasar tradisional wilayah Jawa Barat per 28 Juli 2013, harga beras IR 64II adalah Rp. 8.500/kg, gula pasir Rp 12.000/kg, minyak goreng kemasan Rp 12.000/liter, daging sapi Rp. 103.000/kg, daging ayam Rp. 33.000/kg, dan telur ayam Rp. 9.300/kg.”Harga bahan pokok yang dijual dalam Pasar Murah ini tentunya lebih rendah dari harga jual rata-rata di pasar umum di wilayah Jawa Barat, dengan demikian sasaranPasar Murah untuk meringankan beban masyarakat, dapat tercapai,” tegas Mendag.

Mendag memberikan apresiasi kepada Korem 061 Suryakancana atas prakarsa penyelenggaraan Pasar Murah serta para pelaku usaha yang telah bersedia ikut berpartisipasi memasok bahan pokok dalam kegiatan ini. ”Bantuan dan partisipasi dari para pelaku usaha sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, ” ujar Mendag.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Belum Diatur PP 23/2020, Bunga Dana Talangan Dipertanyakan

JAKARTA-Kalangan DPR mempertanyakan besar bunga yang diberikan Kemeneg BUMN terkait
pembentukan tim task force oleh Menteri ESDM pada masing-masing program.

Pemerintah Optimis Capai Target Lifting Migas di 2030

JAKARTA-Langkah serius tengah diambil Pemerintah dalam mewujudkan capaian lifting minyak