Pasokan Pangan Bagi Korban Banjir di Tangsel Melimpah

Kepala Dinas Sosial Tangsel, Wahyunoto Lukman di Gedung DPRD Tangsel di Jalan Raya Puspiptek

TANGERANG-Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengaku memperoleh pasokan bahan pangan berlebih untuk disalurkan kepada masyarakat korban banjir di 118 titik di Tangsel. 

“Pasokan bantuan makanan kita berlebih, bantuan ini datang dari mana-mana bahkan kita belum membelanjakan dari APBD kita tahun 2020,” ucap Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman di DPRD Tangsel, Kamis 9 Januari 2020.

Wahyu menjelaskan, pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban banjir pada musibah banjir kemarin, dibantu oleh banyak pihak termasuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlibat. 

“Pemenuhan kebutuhan dasar korban banjir untungnya dibantu OPD lain, kalau Dinsos sendiri tidak akan mampu, karena ada 118 titik,” katanya.

Dijelaskan Wahyu saat ini petugas Dinsos sedang melakukan pendataan, terkait surplus logistik yang diberikan oleh berbagai pihak. 

Baca :  Asian Games Jadi Uji Kemampuan Infrastruktur Olahraga

“Logistik dari berbagai sumber, badan usaha, OKP, Ormas dan sebagainya. Stok masih sangat banyak berupa beras, mie instan, minyak goreng, food ware, kid ware, dari Dinsos Provinsi masih sangat melimpah. Kalau kemarin donatur kasih bantuan hanya drop-drop saja, sekarang kita hitung kelebihannya,” ucap dia.

Dia memastikan saat ini, sudah tidak ada pendirian dapur umum atau titik banjir yang memerlukan bantuan dari Dinas sosial. Bantuan juga tidak hanya diberikan pada korban banjir, tapi juga kebakaran dan sebagainya.

“Sudah tidak ada dapur umum lagi, semua sudah tersalurkan. Tapi kan kita masih antisipasi karena hujan dan potensi bencana masih ada,” kata Wahyunoto.