Pembelaan Marwah Daud ke Kanjeng Dimas Tak Terkait ICMI

Friday 30 Sep 2016, 5 : 21 pm
by
Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie

JAKARTA-Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie menghimbau kepada segenap anggotanya serta semua  kaum ilmuwan dan cerdik cendekia muslim, agar sungguh-sungguh menjadi teladan untuk pencerahan bagi umat.  Hal ini disampaikannya terkait dugaan keterlibatan salah satu tokoh organisasi intelektual muslim itu dalam kasus Padepokan Kanjeng Dimas. “Kepada para ilmuwan dan cerdik cendekia di mana saja berada, ICMI mengajak dengan segala kesungguhan untuk senantiasa berpikir dan berzikir dengan benar agar kita dapat menjadi teladan untuk pencerahan kepada umat serta kehidupan bangsa dan kemajuan peradaban ke tingkat yang semakin tinggi,” kata Jimly di Jakarta, Jumat (30/9).

Jimly juga memberikan klarifikasi bahwa ICMI tidak akan pernah membenarkan siapapun melakukan kemaksiatan dan tindakan yang melanggar hukum negara. “ICMI tidak akan pernah membenarkan apalagi memberikan dukungan kepada siapapun juga yang melakukan perbuatan maksiat baik menurut syari’at agama maupun menurut hukum negara, dan apalagi menurut kaidah-kaidh ilmu pengetahuan dan teknologi modern,” ujarnya.

Adapun terkait terseretnya salah satu nama tokoh ICMI, yakni Marwah Daud Ibrahim dalam kasus Kyai Kanjeng Dimas, Jimly menegaskan bahwa secara organisasi ICMI tidak bertanggung jawab terkait segala hal yang bersifat pribadi karena itu merupakan tanggung jawab pribadi masing-masing anggota dan pengurus ICMI di seluruh Tanah Air. “Kalau soal Kasus Padepokan Kiai Kanjeng, baiknya kita percayakan saja kepada aparat penegak hukum dan keadilan.  Semua yang benar adalah benar dan yang salah pasti terbukti pada waktunya,” tegas Jimly.

Seperti kabar yang beredar beberapa hari ini, Kanjeng Dimas dan pengikutnya sudah ditangkap oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur di Padepokannya pada 22 September 2016 lalu. Kasus itu menyeret nama ICMI karena salah satu nama Dewan Pakar ICMI , Marwah Daud membela Kanjeng Dimas dan Padepokannya.
Untuk itulah, Jimly merasa perlu untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait kasus tersebut, yakni bahwa tindakan Marwah Daud samasekali tidak terkait dengan posisinya sebagai anggota Dewan Pakar ataupun Mantan Presidium ICMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Businessman Harun Abidin Has Again Won Against Cedrus Investment

JAKARTA – Cedrus Investment Ltd, an investment company owned by

Program Pensiun Belum Diminati Masyarakat

JAKARTA-Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap perencanaan masalah pensiun dinilai masih minim.