Pembeli Naik 60%, Transaksi BBTF 2018 Capai Rp 7 Triliun

Friday 6 Jul 2018, 1 : 53 am
by

BBTF 2018 melibatkan total 320 pembeli dari 40 negara dan total 241 seller berasal dari Timor Leste, Thailand, Kamboja, Uzbekistan, dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah. Seller berasal dari operator hotel bintang lima, serta agen perjalanan dan perwakilan kabupaten/kota. Untun koneksi internasional telah bergabunh Vietnam dan Uni Emirat Arab.

“BBTF juga menyumbang jumlah kunjungan wisatawan yang besar. Sebarannya cukup merata, termasuk porsi ideal dari domestik,” kata I Gde Pitana.

BBTF 2018 menghasilkan potensi jumlah wisatawan hingga 494.425 kunjungan. Sebanyak 38.480 potensi wisatawan telah dibukukan dari 57 buyer BBTF dan sisanya adalah wisman. Jumlah potensi kunjungan wisman terbesar berasal dari West/Eastern Europe sebanyak 133.750 dari 61 buyer. Porsi besar lainnya dimiliki negara ASEAN dengan potensi 69.690 kunjungan.

Progress positif dari BBTF 2018 mendapat pujian dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar Arief berharap BBTF mendapat support karena dapat memberikan lebih banyak kesejahteraan bagi masyarakat.

“Apa yang diraih oleh BBTF ini luar biasa. Support harus terus diberikan. Harapannya, agar program ini terus berkembang dan bisa memberikan banyak kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Menpar Arief.

Sukses besar BBTF 2018 tidak lepas dari konsep kinerja pentahelix yang dikembangkan. Ada kolaborasi kolaborasi solid sektor perhotelan, operator tur/agen perjalanan, organisasi pariwista, MICE, dan lainnya. Ada juga perusahaan teknologi perjalanan plus perwakilan dari perusahaan perjalanan. Soliditas tersebut disempurnakan dengan support penuh Kemenpar.

Teknologi memang memegang peranan vital dalam sukses industri pariwisata. Konsep ini diterapkan BBTF 2018 melalui sistem registrasi, database, hingga aplikasi cloud. Hal ini memudahkan semua peserta BBTF melakukan transaksi bisnis sesuai dengan keinginan masing-masing. Sistem ini bahkan bisa didorong untuk menyaring dan menentukan segmen pasar di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mendag Bentuk “Koalisi Promosi Nasional” Tingkatkan Ekspor

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menyiapkan tiga langkah strategis untuk

PURE Lanjutkan Pengembangan Ekstraksi Logam Tanah Jarang

JAKARTA-Pasca pengangkatan Ketua Umum Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), Insmerda