Pemerintah Alokasian Dana Pendidikan Lebih Dari Rp 60Triliun Bagi Masdrasah dan Pesantren

Monday 28 May 2018, 9 : 54 am
by
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan dalam acara silaturahmi dan buka bersama di Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo, Jawa Timur (25/05).

PONOROGO-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bantuan Pemerintah untuk pesantren melalui Kementerian Agama (Kemenag) sebesar lebih dari Rp60 triliun dari total Rp444 triliun alokasi dana pendidikan pada APBN tahun 2018.

“Kementerian Agama itu lebih dari Rp60 triliun adalah untuk seluruh madrasah di Indonesia dan pesantren,” jelas Menkeu di depan pimpinan dan santri Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo, Jawa
Timur, pada Jumat (25/05).

Lebih lanjut, Menkeu menjelaskan Pemerintah sangat memperhatikan pengembangan pendidikan baik yang berbasis umum maupun agama terutama melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Anggaran pendidikan untuk berbagai sekolah di Indonesia baik sekolah biasa maupun sekolah yang berbasis agama diberikan, baik melalui Kementerian Dikbud, Menristek Dikti, Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah. Karena sekarang itu anggaran banyak di Pemerintah Daerah-kan APBD itu untuk SD, SMP, SMA. Ini kalau lihat Rp444 triliun yang dipegang Pemerintah Pusat 149 triliun yang diberikan melalui Pemerintah Daerah Rp279 triliun,” jelas Menkeu.

Untuk menjaga kelanjutan pendidikan, Pemerintah juga telah mendirikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mengelola dana abadi pendidikan.

“Dan kita juga mendirikan apa yang disebut LPDP. Itu adalah suatu lembaga untuk pembiayaan dibidang pendidikan. Bahasa Inggris kerennya adalah Sovereign Wealth Fund for Education. Kita itu ingin rakyat Indonesia punya suatu dana abadi untuk pendidikan,” jelasnya.

Saat ini, dana LPDP sudah mencapai lebih dari Rp35 triliun. Dana tersebut dipakai untuk pemberian beasiswa bagi siswa Indonesia terbaik untuk melanjutkan pendidikan di sekolah terbaik di dunia dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

kesempatan tersebut, Menkeu juga mengapresiasi bahwa beberapa santri dari Pondok Pesantren Modern Gontor telah menikmati beasiswa LPDP tersebut. Lebih lanjut, Menkeu berharap akan semakin banyak santri yang bisa mendapat beasiswa tersebut.

“Saya senang disini bahwa ada dari Gontor yang sudah mendapatkan beasiswa LPDP baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan saya ingin makin banyak santri yang bisa mendapatkan beasiswa tersebut,” harap Menkeu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto (tengah) menerima penghargaan sebagai 10 Most Popular CFO 2023 versi The Iconomics, dari Founder & CEO The Iconomics, Bram S. Putro (kiri), dan Direktur Brand, Riset dan Strategi The Iconomics, Alex Mulya (kanan), pada gelaran "Best 50 Financial Institution Awards 2023 (5th Anniversary) dan 10 Most Popular CFO Awards 2023 " di Jakarta pada Senin (27/11/2023)/Foto: Dok Bank DKI

Direktur Keuangan-Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto Raih Penghargaan Sebagai 10 Most Popular CFO Tahun 2023

JAKARTA–Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto menerima penghargaan

Kemenparekraf Siapkan Langkah Strategis Bagi Pelaku Parekraf

JAKARTA-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis