Pemerintah Canangkan Gerakan Konsumen Cerdas

Wednesday 23 Apr 2014, 6 : 48 pm
by

JAKARTA-Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, mencanangkan “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Dalam Negeri” pada acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional ke-2 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (23/4).

Pencanangan gerakan ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat konsumen untuk peduli akan hak dan kewajibannya, serta menumbuhkembangkan sikap pelaku usaha yang jujur dan bertanggung jawab.

Melalui momentum ini, diharapkan konsumen Indonesia dapat ditempatkan pada posisi subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga para pelaku usaha terdorong untuk memproduksi dan memperdagangkan barang dan jasa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, baik untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen maupun untuk menghadapi ASEAN Economic Community 2015 dan era globalisasi.

“Pencanangan Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Dalam Negeri ini dimaknai dengan pemahaman bahwa konsumen yang cerdas dan mandiri adalah konsumen yang mampu menegakkan hak-hak dan kewajibannya, serta mampu melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan dari barang dan jasa yang tidak sesuai dengan ketentuan atau tidak sesuai dengan Kesehatan, Keamanan, Keselamatan, dan Lingkungan (K3L),” kata Wapres  di Jakarta, Rabu (23/4).

Konsumen jelasnya juga harus cinta produk dalam negeri karena dapat mewujudkan peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang sekaligus juga meningkatkan perekonomian nasional dan ke depannya akan mendukung pertumbuhan konsumsi produk domestik yang berkualitas.

Hal ini terkait dengan kondisi bahwa dengan menggunakan produk dalam negeri berarti masyarakat Indonesia membela martabat bangsa untuk meraih kemakmuran menuju kejayaan dan menciptakan semangat hidup persaudaraan.”

Guna mendukung Gerakan Konsumen Cerdas ini, pada acara puncak Hari Konsumen Nasional akan diserahkan layanan informasi konsumen berupa seperangkat komputer berikut program aplikasi pengaduan konsumen kepada 10 perguruan tinggi, yaitu Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Brawijaya.

Selain itu, juga Universitas Gajah Mada, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Unika Atma Jaya, dan Universitas Trunojoyo.

Sebelumnya telah diserahkan layanan informasi konsumen yang sama di 11 perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Januari-Februari 2024, Jumlah Penumpang Angkutan Udara ke Luar Negeri Naik 34,17%

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, jumlah penumpang angkutan

Kemendes PDTT Dorong Revitalisasi KTM Pawon Lewat Kemitraan

BOALEMO–Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong