Pemerintah Didesak Audit Massal Transportasi Laut

Thursday 5 Jul 2018, 7 : 40 pm
kabar3.com

JAKARTA-Kalangan DPR mendesak pemerintah untuk segera melakukan audit menyeluruh terhadap seluruh alat transportasi laut yang beroperasi di perairan Indonesia. Karena berbagai kecelakaan transportasi laut harus segera melakukan pembenahan. “Harus ada audit menyeluruh terhadap kelaikan alat transportasi laut harus segera dilakukan. Jangan sampai jatuh korban lagi,” kata anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Menurut politisi PKB ini, audit menyeluruh penting dilakukan untuk meminimalisir insiden kecelakaan transportasi laut yang menelan banyak korban jiwa dan harta benda. “Jadi, saya menyampaikan rasa prihatin dan duka mendalam atas jatuhnya banyak korban jiwa pada dua kecelakaan transportasi laut, yaitu KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumut, dan KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Neng Eem menyoroti kelebihan muatan dan banyaknya penumpang KM Sinar Bangun yang tidak tercatat dalam manifes perjalanan kapal sehingga kepastian jumlah penumpang yang hilang hingga saat ini masih tidak jelas. Sementara itu, penenggelaman KM Lestari Maju yang kabarnya dilakukan secara sengaja oleh nakhoda kapal, kata Neng Eem, masih menyisakan tanda tanya besar apalagi Syahbandar Pelabuhan Bira menyatakan kapal tersebut sudah memenuhi seluruh syarat dalam standar kelayakan beroperasi termasuk keberadaan sarana navigasi dan keselamatan penumpang,

Faktor cuaca memang menjadi salah satu faktor penting dalam kedua musibah ini. Namun, kedua kejadian ini harus dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan pelayanan transportasi laut, danau, dan sungai, di seluruh Indonesia. “Jadi, audit itu harus segera dilakukan, baik itu menyangkut aspek perijinan, aspek keselamatan, maupun aspek keamanan kapal,” ungkap Neng Eem.

Pada 18 Juni 2018, KM Sinar Bangun tenggelam dalam pelayaran dari Simanindo, Samosir, menuju Tigaras, Simalungun. Kapal tersebut diperkirakan membawa sekitar 200 penumpang dan puluhan sepeda motor. Kapal dihantam angina kencang dan cuaca buruk sehingga menyebabkan kapal karam di kedalaman 450 meter.

Data Basarnas menyebutkan sebanyak 24 orang telah ditemukan, 21 orang dinyatakan selamat, sedangkan 3 penumpang ditemukan meninggal dunia. Sementara itu ada sekitar 164 orang lainnya yang dinyatakan hilang. Pada 3 Juli 2018, Kapal Feri Lestari Maju yang melayani jalur penyeberangan antara Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, dengan Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, tenggelam. Kapal tersebut membawa 164 penumpang dimana 144 orang tercatat pada manifest kapal sedangkan 20 orang lainnya merupakan penumpang bis.

Kapal juga membawa 14 mobil pribadi, 6 unit bus atau truk, dan 8 unit motor. KM Lestari Maju juga dikabarkan membawa uang tunai sebanyak Rp 30 miliar yang merupakan milik Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar untuk pembayaran gaji 13 PNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

30 Desember, Batas Waktu Penukaran 4 Pecahan Uang Kertas Lama

JAKARTA-Bank Indonesia kembali (BI) menghimbau masyarakat yang ingin menukarkan empat

Adu Olok-Olok, Fahri Kritik Para Capres Tak Cerdaskan Rakyat

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan tantangan dua pasang