Pemerintah Gelontorkan Rp 44,2 Miliar Bangun Infrastruktur di KSPN Tanjung Lesung

Wednesday 13 Nov 2019, 2 : 00 pm
by
Untuk pengembangan infrastruktur di KSPN Tanjung Lesung menggunakan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total sebesar Rp 44,2 miliar secara tahun jamak (multiyears) 2018-2019.

Berbagai kegiatan pertunjukkan seperti atraksi budaya dalam Festival Tanjung Kelayang pada November 2018 lalu telah diadakan di kawasan yang telah ditata Kementerian PUPR tersebut.

Selanjutnya pada tahun 2019, Kementerian PUPR tengah melakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 20 liter/detik dengan anggaran Rp Rp 14,2 miliar dan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kawasan Tanjung Batu, Belitung dengan anggaran Rp 8 miliar.

Pembangunan IPA tersebut bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan air baku KSPN Tanjung Kelayang yang selama ini dilayani oleh IPA di Desa Keciput yang dibangun tahun 2011 dengan kapasitas 10 liter/detik. Saat ini progres fisiknya sudah 37,8%.

Sedangkan untuk pembangunan jaringan perpipaan SPAM Kawasan Tanjung Batu bertujuan untuk memberikan akses air bersih bagi 1.190 Sambungan Rumah (SR) di pesisir pantai. Dimana saat ini progres fisiknya sebesar 49,68%.

Sebagai salah satu KSPN dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pantai Tanjung Kelayang yang berada di Kampung Laskar Pelangi mempunyai pesona keindahan yang lengkap. Pantai berpasir putih, lautan biru jernih dan dihiasi puluhan batu granit raksasa menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, susunan batu granit tersebut ada yang bentuknya tampak mirip dengan Kepala Burung Garuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kuartal III-2023, Laba PGE Naik 19,7% Jadi Rp2,065 Triliun

Hal ini menunjukkan, kata Nelwin, PGE berada dalam kondisi keuangan

Atmindo Lepas 22,22% Saham ke Publik

“Masa penawaran umum pada 1-3 Desember, sedangkan pencatatan di Bursa