Pemerintah Harus Periksa Keuangan 175 Perusahaan PDAM

Selasa 9 Apr 2013, 10 : 01 pm
by

JAKARTA – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR, Dolfie OF Palit mendesak Kementerian Keuangan untuk berinisiatif melakukan audit keuangan terhadap 175 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang menunggak pembayaran utang kepada negara. “Dari 205 perusahaan PDAM ada 85 persen yang pembayaran utangnya macet. Diharapkan ada audit dana SLA (subsidiary loan agreement) itu,” kata Dolfie di Gedung DPR Jakarta, Selasa (9/4).

Menurut Dolfie, pada dasarnya pemerintah tidak bisa serta-merta untuk menghapus utang PDAM yang sedianya berasal dari dana SLA sebagai bantuan sejumlah lembaga keuangan internasional. Pasalnya, lanjut dia, pemanfaatan dana tersebut merupakan komitmen Pemerintah Pusat dengan lembaga-lembaga pemberi bantuan.

“Seharusnya tidak bisa itu (utang PDAM) langsung dihapus, karena ada komitmen Pusat dengan luar negeri,” tegas politisi dari PDI Perjuangan tersebut.

Lebih lanjut Dolfie mengatakan, sebenarnya keberadaan perusahaan PDAM di daerah bukan keinginan Pemerintah Daerah untuk mengelolanya. Sehingga, jelas dia, terkait adanya utang PDAM dan kelemahan keuangan perusahaan akan disikapi secara setengah hari oleh Pemda.

“Sejak awal, tidak ada niat bagi pemerintah di daerah terhadap proyek PDAM, makanya persoalan keuangan perusahaan dianggap bukan sebagai tanggung jawab Daerah,” tutur Dolfie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Relawan Nusantara Proja Nilai Iklan Pemerintah Sah-Sah Saja

JAKARTA-Kritik PKS terkait penayangan iklan pemerintah di bioskop, mendapat serangan

Komisi V DPR Dorong Percepatan Akselerasi Pembagunan Bandara Banding Agung

PALEMBANG-Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke