Pemerintah Janjikan Kemudahan Investasi Energi Bersih

Thursday 11 Feb 2016, 2 : 06 pm
by
Beberapa jenis alat photo dok bceforum.org

BALI-Pemerintah menjanjikan kemudahan prosedur investasi kepada para investor yang ingin berpartisipasi di pembangunan ketenagalistrikan khususnya dari energi bersih. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya pada acara “Bali Clean Energy Forum 2016”, di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/2).

JK mengemukakan, pentingnya efisiensi energi dan efisiensi biaya melalui penggunaan teknologi maju.  Untuk itu, pemerintah berharap dapat menjalin kerja sama dengan para investor khususnya dalam pengembangan energi bersih.

Acara “Bali Clean Energy Forum 2016 ini merupakan hasil kerjasama Kementerian ESDM dan International Energy Agency (IEA), sebuah badan energi dunia yang terdiri dari 29 negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) yang saat ini sedang giat mendorong pembangunan energi bersih.

Menurut Wapres, Indonesia sebagai negara archipelago diuntungkan dengan adanya potensi energi terbarukan yang sangat besar, seperti tenaga surya sepanjang tahun, geotermal, tenaga angin yang berkelanjutan, energi arus laut, dan sebagainya. “Potensi listrik yang dihasilkan dari Energi Baru Terbarukan di Indonesia dapat mencapai hingga 300 GW, namun sampai saat ini belum termanfaatkan secara optimal,” ungkap Wapres.

Sementara itu, Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan Indonesia saat ini sedang bersiap-siap memasuki era baru dengan memaksimalkan potensi energi baru terbarukan yang bisa terus menerus diandalkan sebagai pengganti energi fosil. Karena itu, Indonesia harus berhati-hati dengan harga energi yang sangat murah saat ini sehingga tidak terjebak kedepannya.

Selama tahun 2015, lanjut Sudirman, Kementerian ESDM telah melakukan program penggunaan minyak bekas untuk biofuels, program Patriot Energi yang mengumpulkan sukarelawan para pemuda untuk memberikan informasi listrik di daerah terpencil, pembangungan PLTS di Kupang dan sebagainya.

Acara yang bertajuk “Menjembatani Kesenjangan dan Mendorong Kemitraan Global” ini diselenggarakan dengan maksud sebagai wadah berkumpulnya pemimpin pemerintahan, pengusaha, lembaga internasional, akademisi, masyarakat sipil dan generasi muda yang bergerak di bidang energi untuk mendiskusikan percepatan pembangunan energi bersih di Indonesia dan inisiatif global terhadap inovasi teknologi energi bersih.

Sementara Gubernur Provinsi Bali, I Made Mangku Pastika, menyampaikan pemilihan Bali sebagai lokasi forum karena Bali akan menjadi Pusat Kawasan Energi Bersih pertama di Indonesia, dengan didirikannya Center of Excellence Energi bersih sebagai pusat pengembangan, penelitian, dan fasilitasi investasi proyek energi bersih, sehingga kedepannya diharapkan 100% energi di Bali adalah energi bersih. “Keberadaan proyek pengembangan energi bersih di Bali diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian Bali sejalan dengan 5 Filosofi Dasar Pembangunan Bali yang pro-growth, pro-poor, pro-job, pro-environment, dan pro-culture,” pungkas Pastika.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Dukung Hapus Pajak Berganda

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menyambut baik rencana penghapusan pajak berganda terkait

Tingkat Kepatuhan Prokes di Tangsel Naik Jadi 81,4%

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengakui baru sepekan ini kepatuhan