Pemerintah Perlu Jaga Keseimbangan Neraca Pembayaran

Monday 18 Mar 2013, 2 : 11 pm
by

JAKARTA-Pemerintah diminta mewaspadai  perkembangan ekonomi Indonesia menyusul tingginya tekanan eksternal yang menekan Balance Of Payment (BOP) Indonesia.  Karena itu, fundamental ekonomi domestik perlu diperkuat agar memiliki daya tahan terhadap krisis. “Ekonomi kita memang belum bisa lepas dari bayang-bayang krisis global. Dan ini bisa berdampak negatif kalau ekonomi tidak dikelola secara prudent,” jelas JAKARTA-Pengamat ekonomi EC-Think Indonesia, Telisa Feliyanti di Jakarta, Senin (18/3).

Menurut dia, masih tingginya tekanan terhadap keseimbangan eksternal sejalan dengan masih kuatnya impor di tengah pelemahan ekonomi global harus diwaspadai.  Saat ini saja,  sejumlah sektor di Indonesia sudah terdampak krisis global. Sebagai contoh kata dia adanya lonjakan harga komoditas dalam negeri dan makin lesunya minat pembelian dari negara tujuan ekspor. “Inflasi yang naik dan juga nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, saya kira tantangan yang ada di depan mata,” tutur dia.

Dia mengatakan tantangan bagi perekonomian Indonesia semakin berat karena itu, pemerintah harus memperkuat ekonomi domestik. Langkah yang harus dilakukan kata dia memperkuat aturan devisa. Ini dibarengi dengan upaya meningkatkan diversifikasi tujuan ekspor. “Kita harus menekan impor migas dengan menciptakan industri penyulingan minyak dan pengembangan energi alternatif, serta menekan impor pangan dengan menaikkan produktivitas pertanian,” tutur dia.

Telisa menilai perkembangan ekonomi global masih tidak menentu.  Bahkan pertumbuhan ekonomi global cenderung masih lemah dan aksi proteksi yang dilakukan banyak negara semakin meningkat.

Kendati dibayang-bayangi krisis global, fundamental ekonomi Indonesia kata dia cukup baik jika menyangkut perekonomian domestik.  Sumber pertumbuhan jelas dia ditopang oleh penduduk kelas menengah, bonus demografi.  Namun demikian, pemerintah  jangan sampai lengah mengelola ekonomi. “Sebab yang masih lemah tentu dari sisi public institution dan birokrasi,” tutur dia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Munas ISKA: Kebangkitan Pancasila Adalah Keharusan

JAKARTA-Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo

FSP BUMN Bersatu Akan Kirim surat ke Jokowi

JAKARTA-Demi mendukung jalannya Nawacita dan Trisakti yang dicanangkan Presiden Joko