Pemerintah Proyeksikan Otomotif Mampu Topang Ekspor Nasional

Saturday 14 Dec 2019, 9 : 51 pm
by
Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, usai mendampingi Presiden Joko Widodo saat pelepasan perdana ekspor Isuzu Traga di Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12).

JAWA BARAT-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu daya saing industri otomotif nasional, agar mampu memberikan kontribusi positif terhadap devisa negara.

Salah satu hal yang dilakukan adalah mendorong investasi di sektor otomotif dan mendorong industri memproduksi produk otomotif yang berorientasi ekspor.

“Seperti yang telah ditegaskan oleh Bapak Presiden, sekarang fokus kerja pemerintah adalah untuk mengurangi impor dan meningkatkan ekspor, serta menambah investasi,” kata Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, usai mendampingi Presiden Joko Widodo saat pelepasan perdana ekspor Isuzu Traga di Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12).

Pada seremoni ekspor mobil Isuzu jenis niaga ke Filipina itu, Menperin menyampaikan, Indonesia memiliki target ekspor mobil produksi Tanah Air mencapai satu juta unit pada tahun 2025 dan terus meningkat hingga 1,75 unit pada 2035.

Sementara ini, ekspor kendaraan CBU di tahun 2018 mencapai 250 ribu unit dengan pangsa pasar sekitar 80 negara di dunia termasuk lima negara tujuan utama ekspor, yaitu Filipina, Arab Saudi, Jepang, Meksiko dan Vietnam.

“Tahun ini, ekspor kendaraan CBU ditargetkan mencapai 400 ribu unit,” ungkap Menperin.

Untuk merealisasikannya, Kemenperin terus mengupayakan komitmen dari prinsipal untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi yang berorientasi ekspor.

Menperin AGK menuturkan, kemudian guna mencapai target tersebut, pada November 2019 lalu Kemenperin telah melakukan berbagai usaha.

Salah satunya bertemu dengan sejumlah perusahaan otomotif ternama Jepang.

Dari hasil kunjungan tersebut, Menperin mendapat laporan tentang rencana ekspansi dari Toyota Group sebesar Rp28,3 triliun.

Termasuk pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenparekraf Dorong Pekerja Kreatif Film Tingkatkan Kapasitas Diri

JAKARTA-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Sinergi Banyuwangi-BUMN, Anas: CSR Bisa Percepat Pembangunan

BANYUWANGI-Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengajak BUMN setempat bersinergi membangun daerah. Sehingga