Pemerintah Resmi Kuasai PT Inalum

investor.co.id

JAKARTA-Pemerintah menegaskan PT Indonesia Asahan Alumuninium (Inalum) sudah resmi milik Indonesia. Saham mayoritas telah dibeli dari Jepang per Jumat (1/11/2013). “Berakhir pada 31 Oktober 2013 yang diikuti oleh penyerahan asset PT Inalum kepada pemerintah Indonesia dan membayar kompensasi sesuai dengan master agreement,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, di Jakarta, Jumat ( 1/10).

Menurut Hidayat, selama ini PT Inalum dikelola pemerintah Indonesia bersama konsorsium investor Jepang di Tokyo yang tergabung dalam Nippon Asahan Aluminum (NAA). Dari 100 % saham Inalum, tadinya pemerintah Indonesia memiliki 41,12 %, dan sisanya milik NAA. “Jadi per 1 November  seluruh asset kembali ke pemerintah Indonesia,” tegasnya.

Artinya, kata mantan Ketua umum Kadin ini, secara resmi BUMN nasional menjadi bertambah. “Kementerian BUMN punya asset baru yang dikelola oleh beliau (Menteri BUMN). Kemenperin dan kemenkeu, mendampingi beliau untuk hal teknis adm dan legal,” tuturnya

Dijelaskan, disepakati mekanisme pengalihan saham melalui share transfer yang besarannya USD 558 juta. Kini proses konsolidasi internal dan proses pembelian atau pengalihan atau arbitrase tengah dilakukan. “Jadi konsolidasi segera bersamaan dengan kemenkeu, kemperin bersama-sama selesaikan adm dan prosedur penyelesaian pembayarannya melalui arbitrase sesuai ketentuan yang ada,” pungkasnya. 

Baca :  Topang Ekonomi, Pembangunan Smelter Harus Dipercepat