Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 50 Miliar Untuk Bangun Jalan di Labuan Bajo

Monday 24 Jun 2019, 6 : 21 pm
by
bandara komodo
Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula bersama Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang P.S. Brodjonegoro di Labuan Bajo. Jumat (21/6)

LABUAN BAJO-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk membangun ruas jalan Lintas Utara di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula mengatakan anggaran sebesar Rp 50 Miliar tersebut bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019.

“Pemerintah Pusat mempunyai komitmen yang tinggi untuk mendukung KSPN Labuan Bajo. Tahun ini (2019; red), anggaran sebesar Rp 50 milar telah disiapkan untuk lanjutan pembukaan ruas jalan lintas utara Manggarai Barat yang nantinya akan menghubungkan Labuan Bajo dengan Reo Kabupaten Manggarai,” jelas Bupati Gusti saat mengantar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang P Soemantri Brodjonegoro ke Bandara Udara Komodo, Minggu (23/6).

“Tahun 2019 ini, ruas jalan yang dikerjakan sepanjang 17,5 Km,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Bappenas datang ke Labuan Bajo, Jumat lalu untuk menghadiri Workshop Direksi Anggota Bursa 2019 yang diselenggarakan Bursa Efek Jakarta (BEJ) di Ayana Hotel.

Bupati Gusti menjelaskan, pada tahun 2018 lalu, pekerjaan ruas jalan lintas utara dimulai dari bukit Sylvia sampai ke Pembangkit Listrik Mesin Gas (PLTMG) Rangko dengan paket pekerjaan berupa HRS (Hot Rolled Sheet). Setelah itu, pembagunan dilanjutkan dari PLTMG Rangko sampai ke Los Cemba.

Sedangkan tahun 2019 tediri dari 2 (dua) paket. Paket I dari Los Cemba sampai Terang Kecamatan Boleng sepangan 10 Km dan Paket II dari Terang sampai ke Sosok sepanjang 7,5 Km.

Menurutnya, pembangunan ruas jalan lintas utara memberi banyak manfaat baik untuk Kabupaten Manggarai Barat maupun kabupaten lain yang ada di daratan Flores.

“Saya yakin ruas jalan Lintas utara ini mempunyai banyak manfaat. Penyediaan infrastruktur yang baik merupakan salah satu syarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, apabila ruas jalan lintas utara ini rampung, maka Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI akan membangun Pelabuhan Baru arah utara kota Labuan Bajo, di wilayah Bari, Kecamatan Macang Pacar.

Dermaga tersebut akan dimanfaatkan untuk aktivitas niaga terutama bongkar dan muat peti kemas.
Saat ini untuk bongkar dan muat masih digabung dengan pelabuhan penumpang dan kapal-kapal wisata.

“Ada yang khusus untuk peti kemas, ada yang untuk pelabuhan penumpang maupun kapal wisata. Pembangunan dermaga Niaga Bari menurut informasi akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Progres Blok Mahkam Menunggu Keputusan Final Presiden

JAKARTA-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengatakan,

Menteri Gita Wiryawan Perparah Impor Pangan

JAKARTA-Puluhan massa yang tergabung dalam GERAK LAWAN melakukan aksi protes