Pemerintah Tak Mampu Stabilkan Harga Pangan

Thursday 28 Mar 2024, 2 : 29 pm
Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak

LUMAJANG – Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak menuding pemerintah tidak mampu menstabilkan  harga sejumlah komoditas pangan  seperti beras, daging dan cabai, yang terus melambung di sejumlah daerah, selama Ramadhan dan menjelang  Lebaran 2024.

“Persoalan kronis yang tidak pernah berhasil diatasi pemerintah ya tidak mampu menstabilkan harga. Karena kendali atas komoditas pangan, riilnya tidak ditangan pemerintah,” tandas kader PKS dari  aerah pemilihan Jawa Timur IV kepada wartawan, Kamis (28/3/2024).

Sebelumnya Menteri Perdagangan, menyebut pemerintah tidak bisa menjamin harga pangan akan turun.

Menurut Amin, tata niaga pangan yang buruk dan dikuasai segelintir ‘pemain’ merupakan akar permasalahan yang tidak secara serius diselesaikan pemerintah.

Tata niaga komoditas pangan dikendalikan oleh mereka yang kerap disebut sebagai mafia pangan.

Komoditas beras misalnya, meskipun pemerintah sudah mengimpor beras secara besar-besaran, faktanya harga beras tetap saja mahal.

Demikian juga dengan komoditas lainnya seperti gula, daging, dan bawang putih.

“Karena pasokan komoditas pangan dikuasai mafia, maka saat permintaan tinggi, sesuai hukum ekonomi harga pun dipastikan melambung tinggi,” bebernya.

Menurut Amin, reformasi tata niaga pangan itu bukan masalah mampu atau tidak. Namun mau atau tidak pemerintah lakukan Reformasi.

“Kalau iya, ayo dong fight tertibkan mafia pangan dan tata niaga pangan untuk menjamin terlayaninya kebutuhan perut rakyat,” tegasnya.

Komoditas pangan, lanjut Amin, merupakan komoditas strategis karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan merupakan kebutuhan sehari-hari.

Karena itu penanganannya harus lintas sektoral. Dan kronisnya persoalan pangan menunjukkan betapa lemahnya koordinasi antar kementerian dan kondisi itu terus berulang.

Pewarta: Fendi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Jokowi Bersilaturahmi Dengan Kyai dan Luncurkan Bank Wakaf Mikro

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja melakukan

Selain Penguatan Dolar AS, Faktor Ini Bikin Harga Minyak Dunia Anjlok

JAKARTA-Harga minyak mentah dunia anjlok pada penutupan perdagangan Kamis (7/9/2023)