Pemilih Setia Parpol Turun 20%

Monday 16 Dec 2013, 3 : 42 pm

JAKARTA-Kesetian pemilih pada partai politik mengalami penurunan drastis. Dalam penelitian terungkap ada sekitar 20% pemilih yang tak memilih parpolnya. “Kecenderungan ini, karena parpol mengalami proses deinstitusionalisasi, dimana citra parpol pada 2012-2013 makin menurun,” kata Direktur Eksektif Pol-Tracking Institut, Hanta Yuda, dalam diskusi “Refleksi Akhir Tahun bidang Polhukamnas” Refleksi Akhir Tahun bidang Polhukamnas di Jakarta, Senin,(16/12)

Sebagai contoh, kata Hanta lagi, pada kasus PKS dan Partai Demokrat yang mengalami degradasi. Begitu pula yang terjadi pada Partai Golkar dan PDI-P. “Apalagi pasca reformasi selama 16 tahun ini, parpol mengalami proses presidensialisasi dan dikendalikan pada satu orang saja,” tambahnya. 

Menurut Hanta, langkah presidensialisasi parpol dalam gejala ini sebenarnya juga menguntungkan dalam jangka pendek. “Misalnya saja, partai semakin solid. Namun tidak sejalan dengan proses,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan Hanta, ada dua kelemahan parpol, yakni soal citra dan elektabilitas figur. Dimana parpol akan terseok-seok saat citranya jatuh, sehingga harus mencari figur guna mendongkrak elektabilitas. “Parpol ini dalam kategori lemah,” ucapnya

Sementara itu, anggota MPR dari Fraksi PDIP  Maruara Sirait lebih menyoroti masalah Pemilu legislatif 2014 yang rawan kerusuhan karena ada pemicu untuk itu seperti soal kesejahteraan rakyat belum terealisasi, penegakan hukum untuk korupsi belum tuntas ditambah lagi konflik SARA di beberapa daerah semakin tajam tanpa diselesaikan dengan cepat.

Menurut Ara-panggilan akrabnya, ada lagi yang memicu rusuh yaitu soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kini masih meragukan hasilnya karena ada pertentangan antara KPU dan Kementerian Dalam Negeri. “Soal Century, Hambalang, daging impor, SKK Migas , kini belum tuntas penyelesaian hukumnya, yang membuat  rakyat menilai ada kelemahan saat menegakan hukum bagi koruptor,” ucapnya.

Sedangkan Lukman Edy mengingatkan ada yang kini mesti diperkuat kosentrasi penanganannya yaitu soal teroris yang pada masa pemilu 2014 bisa jadi ajang mereka beraksi. “Begitu juga soal SARA, ini tidak bisa diangap kecil, karena jika tak tertangani akan mengancam pertahanan keamanan,” pungkasnya. **cea

Don't Miss

FAPP Terima 24 Permohonan PTTL Terkait Sengketa Pilpres ke MK

JAKARTA-Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP) kembali mendaftarkan Permohonan Pihak Terkait

CSIS: Puan Harus Masuk ke Pemilih Gen Z dan Milenial

JAKARTA-Pengamat Politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya