Pemkot Bekasi Bangun 2,6 Kilometer Jalur Sepeda di Samping Trotoar Jalan Ahmad Yani

BEKASI-Pemerintah Kota Bekasi tengah membangun jalur sepeda di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Timur. Jalur sepeda tersebut dibangun di samping trotoar.

“Pembangunan jalur sepeda sekarang itu kami ubah yang tadinya di tengah median menjadi sisi bahu jalan sebelah trotoar, yang cat hijau,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Teguh Indrianto saat dihubungi, Jumat (20/11/2020).

Jalur sepeda tersebut akan dibangun sepanjang kurang lebih 2,6 kilometer, tepatnya dari Jalan Ahmad Yani (depan kantor Wali Kota Bekasi) sampai Bekasi Central Park (BCP).

Lebar jalur sepeda nantinya sekitar 1,5 meter. Jalur juga akan dicat warna hijau dan dilengkapi dengan beberapa marka jalan.

Nantinya, jalur sepeda ini dapat digunakan bukan hanya selama car free day (CFD) di hari libur saja, tetapi dapat diakses setiap hari.

Warga bisa menggunakan akses jalur tersebut untuk beraktivitas sehari-hari.

Beberapa titik park and ride pun akan disediakan sebagai lokasi parkir sepeda.

“Jadi orang dapat menggunakan sepeda untuk mencari titik park and ride terdekat, lalu dia nyambung lagi ke moda transportasi yang lebih besar, entah kereta, bus rtansjabodetabek, dan moda transportasi lain,” kata dia.

Dia berharap pengerjaan jalur sepeda itu dapat rampung akhir tahun ini.

Dengan demikian, Pemkot Bekasi bisa memperpanjang jalur sepeda tersebut hingga kawasan Kali Malang pada 2021 mendatang. (Ri/adv)