Pemkot Tangerang Targetkan Serapan Anggaran 40%

Tuesday 19 Jan 2016, 1 : 19 pm
tangerangkota.go.id

TANGERANG-Walikota Tangerang, H. Arief Wismansyah meminta agar jajarannya serius bekerja. Setidaknya proses percepatan terutama pengadaan dilakukan lebih awal. “Penyerapan anggaran hingga Maret 2016 dapat menyentuh angka 40% bahkan lebih,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Baginya, kata Arief, angka tersebut dapat dengan mudah diraih apabila ada komitmen kuat dari seluruh aparat. Apalagi bila ditambah kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat berjalan dengan baik. “Lupakan ego sektoral. Kantor pengadaan tak akan bisa bekerja bila tidak disupport dari OPD lain, komunikasikan segala kekurangannya, biar sama-sama kita bereskan,” terangnya.

Malah Arief mengancam jika tak mencapai target, dirinya tidak segan-segan meninggalkan anak buah. Karena dianggap tak mampu mengikuti ritme kerja. “Yang mau ikut saya ayo kita sama-sama bekerja, tapi yang gak mau ikut pun silahkan, tapi maaf saya gak akan menunggu,” jelas dia lagi.

Walikota merasa komitmen yang tengah dibangun merupakan sebuah konsekuensi logis. Terlebih lagi ada ada instruksi Presiden yang meminta segera melakukan percepatan pembangunan di pusat maupun daerah. Kondisi ini membutuhkan komitmen dari setiap aparaturnya.

Untuk itu, lanjut Arief, dirinya menerapkan sistem penilaian pegawai berbasis kinerja, atau yang biasa disebut dengan sasaran kerja pegawai (SKP). Dimana dengan sistem ini dapat memberlakukan reward serta punishment kepada setiap pegawai yang ada di jajarannya.

Lebih lanjut terkait percepatan kegiatan pengadaan, dirinya meminta kepada seluruh OPD untuk tidak hanya menyiapkan mata anggaran tanpa memikirkan bagaimana caranya melakukan percepatan di setiap bidang yang ada dibawahnya.

Salah satu yang Walikota harapkan adalah memaksimalkan kinerja staff dan juga pejabat yang ada di OPD tersebut untuk bergerak aktif sesuai tugas pokoknya, bukannya malah menunggu kegiatan berjalan. “Jangan karena kegiatan baru mulai akhir bulan terus kita bisa santai-santai, banyak yang bisa kita kerjakan kalau melihat tupoksi yang ada,” imbuhnya. **aec

Don't Miss

Muchtar Pakpahan: Jangan Anggap Remeh Masalah Papua 

JAKARTA-Tokoh buruh Muchtar Pakpahan meningatkan Presiden Joko Widodo agar tidak

Presiden Jokowi Minta SWF Indonesia Segera Tancap Gas Bekerja

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Dewan Pengawas Sovereign Wealth