Pemkot Tangsel Naikkan Anggaran Covid-19 Hingga Rp 147 Miliar

Tuesday 21 Apr 2020, 6 : 16 pm
by
Sekretaris Kota Tangsel Muhammad

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kembali menaikan anggaran penanganan dan penanggulangan Covid-19, hingga mencapai Rp147 Miliar.

“Kita tingkatkan, saat ini menjadi Rp147 Miliar,” ujar Sekretaris Kota Tangsel Muhammad Selasa 21 April 2020.

Dia menjelaskan, jumlah anggaran itu diambil dari penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Uanh itu, juga merupakan alokasi pergeseran anggaran perjalanan dinas dan makan minum pejabat.

“Kita geser-geser, kita sesuaikan. Misalnya dari belanja perjalanan dinas, belanja makan minum, belanja diklat, ataupun kegiatan fisik. Kecuali kegiatan fisik yang berjalan dan strategis. Yang tidak strategis bisa kita gunakan dulu (untuk penanganan covid-19,” kata Muhamad.

Hal itu, juga mengacu pada Keputusan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan Nomor 119/2813/SJ dan 117/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan COVID-19, serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional. 

Dia menyebutkan, alokasi anggaran Rp147 miliar itu, paling besar, dialokasikan kepada Dinas Kesehatan. Dan sejumlah dinas lain, yang terkait dalam penanganan pencegahan dan penanggulangan covid-19.

“Hampir merata semua dinas, paling besar Dinas Kesehatan, karena anggaran terbesar di sana. Belanja APD, penanganan di rumah sakit, untuk perawatan pasien, itu yang paling besar. Kemudian untuk alat kesehatan, dan untuk perawatan medis,” jelas Muhamad.  

Selanjutnya, dialokasikan juga untuk pembangunan fisik, yakni pembuatan Rumah Lawan covid-19. Kemudian untuk operasional Gugus Tugas dan juga untuk jaring pengamanan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Meningkat 45,32%, Laba Astra Graphia Rp141,07 Miliar pada 2023

JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (ASGR) mencatat kinerja keuangan yang

Wamen BUMN Minta PGEO Genjot Kinerja Keuangan Usai Raih Rp9,05 Triliun

JAKARTA-Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury meminta PT Pertamina Geothermal