Pengamat Nilai Stok Beras Hingga Akhir Tahun 2019 Surplus

Saturday 5 Oct 2019, 8 : 13 pm
by

JAKARTA-Pengamat Ekonomi Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim optimis stok beras hingga akhir tahun mengalami surplus alias melebihi kebutuhan meski beberapa daerah di Indonesia mengalami kekeringa.

Menurutnya kondisi pertanaman saat ini sangat bagus, di mana penyinaran matahari cukup, minim serangan organisme pengganggu tanaman (OPT), butir padi mentes padat, produktivitas dan mutu tinggi serta harga gabah di petani juga bagus Rp 5.100 perkg.

“Pada musim kemarau ini sejak Juli-September tanam padi sekitar 1 juta hektar per bulan sehingga cukup aman. Data BPS pun mencatat stok beras pada September ini 7,43 juta ton artinya sangat melimpah jauh lebih tinggi dari stok Desember 2018 yang hanya 3,33 juta ton,” demikian kata Karim di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Fakta lainnya, sambung Karim, bahkan bulan Oktober 2019 ini sudah mulai turun hujan di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi sehingga para petani langsung tanam padi sawah dan ladang.

“Produksi padi di berbagai daerah pun dipastikan aman. Kementan menjaminnya melalui langkah strategis. Misalnya merehabitasi jaringan irigasi dan pompanisasi secara besar-besaran,” jelasnya.

Karim memastikan langkah strategis ini dipastikan membuahkan hasil. Faktanya, di 2015 tanaman padi terselamatkan dari ancaman El Nino, tidak seperti yang terjadi pada 1997-1998. Padahal, El-Nino 1997-1998 tidak sebesar 2015, tapi impor beras di tahun itu mencapai 12 juta ton.

“Sejak tahun 2015 saat El-Nino terparah, Pemerintah bisa antisipasi dan dapat dilalui dengan baik. Data BPS mencatat terjadi lonjakan tajam produksi padi 2015 dibanding 2014. Artinya Kementan sebenarnya sudah melakukan langkah antisipatif agar kemarau tidak mengganggu produksi,” ujarnya.

Oleh karena itu, mengacu pengalaman tersebut, Karim menegaskan produksi padi di tahun 2019 ini surplus. Sesuai dengan penghitungan BPS Januari- November 2019 akan ada produksi sebesar 29,4 juta ton beras. Data Kerangka Sampling Area (KSA) BPS mencatat bahwa stok beras akhir Desember 2018 sebesar 3,33 juta ton, diprediksi akhir November 2019 nanti stock beras naik menjadi minimal 5,5 juta ton.

“Prinsipnya, saya lihat Kementan terus memotivasi petani bahwa tiada hari tanpa tanam dan panen, sehingga stok beras melimpah sepanjang waktu dan tidak ada lagi cerita stok kurang karena musim paceklik,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Arahkan Fintech Lending Kembangkan UMKM

PALEMBANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pertumbuhan industry peer to
Perbankan Korporat CIMB Niaga telah menyalurkan kredit investasi sebesar Rp30,18 triliun, meningkat 11% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp27,25 triliun

CIMB Niaga Gencar Sosialisasi E-Banking Financial Literacy

JAKARTA-PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) terus mensosialisasikan E-Banking