Pengawasan Dana Desa Didukung Keterbukaan Publik

Thursday 8 Sep 2016, 10 : 25 pm
by
Menteri Desa PDTT, Eko Sandjojo

PADANG-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) berkomitmen untuk terus berupaya memberikan informasi penting terkait penyelenggaraan pembangunan desa dalam setiap kegiatan eksternal.

Langkah ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya keterbukaan informasi publik di level desa.

“Pada tahun 2016, pemerintah telah menyalurkan dana desa sebesar Rp 46,8 Triliun, dimana setiap desa akan memperoleh sekitar 600 juta. Untuk memastikan pengelolaan Dana Desa berjalan dengan baik, diperlukan upaya pengawasan semua pihak yang tentunya harus didukung dengan keterbukaan informasi,” ujar Menteri Desa, PDTT  Eko Sandjojo saat menghadiri penganugerahan pemeringkatan badan publik 2016 yang berfokus transparasi pengelolan dana desa dan nagari yang dilaksanakan Komisi Informasi (KI) di Padang, Sumatera Barat , Kamis, (8/9).

Baca juga :  Pilkada Mampu Redam Ketegangan Politik Identitas

Menurutnya, keterbukaan informasi desa merupakan salah satu poin penting untuk membangun tata kelola pemerintahan desa yang baik, bermartabat dan mandiri.

Karena itu, sudah seharusnya sikap keterbukaan harus melekat sebagai tugas pokok pemerintahan desa.

“Transparansi publik sangat penting. Warga desa harus dilibatkan membangun desanya,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

OJK Siap Denda Perusahaan Tak Bayar Iuran

JAKARTA-Perusahaan jasa keuangan, bank dan non bank yang terlambat membayar

Kinerja Moncer, BTN Raih 8 Penghargaan

JAKARTA-Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Dasuki Amsir tersenyum