Pengelola TV Dituntut Jaga Moralitas Bangsa

Friday 21 Aug 2015, 8 : 24 pm
by
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

JAKARTA-Presiden Joko Widodo berpesan, agar media-media televisi baik swasta maupun TVRI bisa menjadi instrumen untuk menjaga moralitas, dan mentalitas bangsa.

Namun demikian, tanggung jawab untuk itu, tidak hanya di tangan pemerintah saja, tetapi juga semua pihak yang mengelola program-program di stasiun-stasiu televisi (TV).

“Jadi Presiden secara khusus menggariskan bahwa yang diundang adalah direktur-direktur program, karena mayoritas dari program-program yang dimunculkan di TV adalah yang diputuskan oleh teman-teman yang direktur program,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan seusai bersama sejumlah menteri mendampingi Presiden Jokowi menerima para direktur program TV swasta dan TVRI, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/8).

Menurutnya, pertemuan antara Presiden Jokowi dengan para direktur program TV di tanah air berjalan dengan baik.

Beberapa kesimpulan dari pertemuan itu adalah kesediaan dari semua pengelola program TV untuk mereview bersama program-program yang selama ini ada, apakah program-program tersebut sudah memastikan komponen pendidikan masyarakat, komponen moral, ada di dalamnya.

“Karena itu, ke depan perlu didiskusikan lebih jauh menyangkut persoalan rating ini. Bagaimana pengelolaannya, bagaimana prosesnya, sehingga bisa memberikan arah pemrogaman yang konstruktif bagi teman-teman pengelola TV, maupun konstruktif bagi masyarakat,” papar Anies.

Diakui Mendikbud, TV ini seperti media pasar yang ada supply dan demand yang banyak merujuk kepada riset-riset pasar.

Sehingga di sini yang kemudian rating itu sangat menentukan.

“Tadi secara eksplisit disampaikan oleh beberapa, ini salah satu masalah utamanya, bagaimana rating itu dibuat, dan bagaimana rating di sebuah wilayah Indonesia itu diproyeksikan mewakili seluruh Indonesia,” terang Anies.
Pertemuan para direktur program TV dengan Presiden Jokowi juga menyepakati untuk bersama-sama mendorong pembuat-pembuat program yang bertanggungjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSI

BSI Fasilitasi Layanan Perbankan Syariah DJKN Kemenkeu

JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sebagai bank syariah terbesar

Pemda Harus Optimalkan DAK-DAU Guna Kendalikan Inflasi Daerah

JAKARTA–Deputy Director Institute for Development of Economics and Finance (Indef)