Penjualan Eceran Diperkirakan Tumbuh Pada April 2024

Selasa 14 Mei 2024, 6 : 25 pm
BI
ILUSTRASI

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan, kinerja penjualan eceran pada April 2024 diprakirakan melanjutkan pertumbuhan, baik secara tahunan maupun bulanan.

Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2024 sebesar 243,2, atau tumbuh 0,1% (yoy).

Menurut Erwin Haryono, Asisten Gubernur BI Bidang Departemen Komunikasi, tetap positifnya penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau.

“Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan tumbuh positif sebesar 3,3% (mtm) ditopang oleh Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi serta Makanan, Minuman, dan Tembakau yang tercatat tetap tumbuh didorong oleh kegiatan masyarakat saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Pada Maret 2024 IPR tercatat mencapai 235,4 atau tumbuh sebesar 9,3% (yoy).

Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh beberapa kelompok, dengan peningkatan tertinggi pada Subkelompok Sandang diikuti Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran tumbuh 9,9% (mtm) didorong terutama oleh Subkelompok Sandang diikuti Peralatan Informasi dan Komunikasi, Suku Cadang dan Aksesori, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau sejalan dengan peningkatan kegiatan masyarakat saat bulan Ramadan, persiapan HBKN Idulfitri, dan program potongan harga.

Dari sisi harga, tekanan inflasi pada Juni dan September 2024 diprakirakan menurun, tecermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Juni dan September 2024 yang masing-masing tercatat sebesar 140,1 dan 134,5, lebih rendah dari IEH bulan sebelumnya yang masing-masing sebesar 146,1 dan 136,9

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Siapkan Fasilitas Payroll BKI

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyediakan fasilitas payroll

Megawati Lantik Laksdya Amarulla Octavian Jadi Wakil Kepala BRIN

JAKARTA-Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof.