Penjualan Eceran Mei 2019 Tumbuh Meningkat

Tuesday 9 Jul 2019, 6 : 29 pm
by

JAKARTA-Penjualan eceran pada Mei 2019 tumbuh meningkat didorong oleh faktor musiman. Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) tumbuh sebesar 7,7% (yoy), lebih tinggi dari 6,7% (yoy) pada April 2019.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menjelaskan peningkatan tersebut terutama didorong oleh penjualan subkelompok Sandang, kelompok Suku Cadang dan Aksesori, dan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau seiring dengan permintaan yang meningkat selama bulan Ramadan dan menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri.

Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh positif pada Juni 2019, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR pada Juni 2019 yang diprakirakan tumbuh 2,2% (yoy), sejalan dengan kembali normalnya permintaan pasca bulan Ramadan dan perayaan Hari Raya Idulfitri.

“Pertumbuhan IPR pada Juni 2019 ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori dan subkelompok Sandang,” ujarnya.

Hasil survei mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Agustus 2019) diprakirakan akan menurun. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 138,3, lebih rendah dibandingkan 160,5 pada bulan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenperin Dorong Peningkatan Kemitraan Industri Mamin Dengan Petani

LAMPUNG-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif mendorong para pelaku industri makanan dan
Respons Usulan Kementerian BUMN, Sejumlah Ekonom Nilai BBTN Layak Terima PMN

BTN Gelar Program Supernova

JAKARTA-Direktur Consumer and Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (Persero)