Penjualan Eceran Oktober 2018 Tumbuh Positif

Tuesday 11 Dec 2018, 3 : 21 pm
by
ilustrsai

JAKARTA-Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) mengindikasikan kinerja penjualan eceran pada Oktober 2018 tumbuh positif. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2018 yang tumbuh 2,9% (yoy), meskipun tidak setinggi pertumbuhan IPR September 2018 yang sebesar 4,8% (yoy).

Demikian dikutip dar keterangan tertulis Departemen Komunikasi BI, Selasa (11/12).

Dijelaskan, kinerja penjualan eceran didukung oleh penjualan eceran pada subkelompok komoditas Sandang dan kelompok komoditas Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Penjualan eceran diprakirakan terus meningkat pada November 2018. Hal ini terindikasi dari pertumbuhan IPR sebesar 3,4% (yoy). Pertumbuhan penjualan eceran diprakirakan masih didorong oleh penjualan subkelompok komoditas Sandang, kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dan Barang Budaya dan Rekreasi.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran akan mengalami peningkatan dalam tiga bulan mendatang (Januari 2019). Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 163,9 lebih tinggi dibandingkan dengan IEH sebesar 159,3 pada hasil survei bulan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pasar Singapura Mulai Gunakan Kurs Referensi BI

JAKARTA-ABS Benchmarks Administration Co Pte. Ltd. (ABS Co) dan The

Setya Novanto : Mahar Politik Bikin Rusak Pengkaderan

JAKARTA – Calon Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Setya