Penjualan SUN Bisa Dongkrak Rupiah

Tuesday 3 Dec 2013, 12 : 57 pm

JAKARTA–Posisi rupiah terus fluktuatif terhadap dolar Amerika Serikat (AS), begitupun  hari ini juga kembali melemah. Malah rupiah pagi ada di level Rp11.855 per USD, padahal saat bersamaan pemerintah akan melelang SUN. “Ini diharapkan akan berdampak positif bagi nilai tukar Rupiah hari ini,” kata Head of Research and Analysis PT BNI Tbk Nurul Eti Nurbaeti di Jakarta, Selasa,(3/12).

Menurut Eti, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelola Utang (DJPU) Kementerian Keuangan akan mengadakan lelang surat utang negara (SUN) hari ini dengan target Rp4 triliun. Di mana diperkirakan menjadi lelang SBN terakhir pada 2013.

Sementara itu, Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada menegaskan akselerasi inflasi zona Euro telah membuat laju nilai tukar Euro mampu bergerak lebih tinggi dari USD.

Dengan rilis akselerasi tersebut, kata Reza, memberikan persepsi nantinya European Central Bank (ECB) akan menahan stimulusnya sehingga nilai tukar Euro dapat menguat. “Sentimen positif tersebut tidak banyak berimbas pada laju nilai tukar Rupiah yang masih dalam tren pelemahannya,” tuturnya.

Sentimen yang biasa datang di akhir bulan ialah perkiraan kondisi rilis data neraca pembayaran dan perdagangan turut mempengaruhi laju nilai tukar Rupiah. Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan bergerak di kisaran  Rp12.000-11.950 per USD menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI). “Laju Rupiah dapat bertahan di atas target  support Rp12.070 per USD,” tegasnya

Sebelumnya, Senin 2 Desember 2013, Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) berhasil naik 195 poin atau 1,63 persen menjadi Rp11.770 per USD.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kinerja Meneg BUMN Dinilai Aneh

JAKARTA-Anggota Badan Akuntabilitas Keuangan Negara, Eva Kusuma Sundari menyesalkan adanya

PL Harapan Baru dan PK Partai Golkar Bekasi Utara Bagi Masker Juga Semprot Disinfektan

BEKASI-Pimpinan Kelurahan (PL) Partai Golkar Harapan Baru beserta PK Partai