Perbankan Perlu Perbesar Akses Produk Unggulan UKM Desa

Wednesday 31 Jan 2018, 6 : 16 pm
Eko Putro Sandjojo
Eko Putro Sandjojo

JAKARTA – Perbankan dan kalangan pengusaha diminta lebih jeli melihat peluang paska panen terkait produk unggulan desa.

Masyarakat desa bisa berperan sebagai pelaku proses produksi, sedangkan swasta atau UKM bertindak sebagai off taker, rantai pemasaran, dan rantai input produksi.

“Ini yang melaksanakan masyarakat semua. Jadi kalau masa lalu perusahaan punya tanah kemudian masyarakat sebagai pekerja saja, sekarang masyarakat yang melakukan proses produksinya,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo saat memberi sambutan dalam gelar temu bisnis dalam rangka pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Lebih jauh alumnus Politeknik Universitas Indonesia menjelaskan program Prukades adalah model yang dapat menguntungkan pihak petani maupun swasta.

Baca juga :  BI Rate Tetap 7,50%

Perusahaan yang membantu secara manajemen dan pascapanennnya.

“Buat masyarakat juga bisa senang, karena mereka tidak hanya pekerja, tapi mereka juga punya aset produksi yang pasarnya sudah ada,” ujarnya.

Menurut Eko, keterlibatan para pemangku kepentingan atau stakeholder dapat mempercepat serta menjamin efektifitas Prukades.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Disponsori BTN, Patung Fatmawati Diserahterimakan

BENGKULU-Direktur Compliance PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk R Mahelan

Redenominasi Tak Hambat e-money

BANDUNG- Bank Indonesia (BI) mengaku sudah mengantipasi aturan redenomasi terkait