Perbesar Jaminan Kredit, Jamkrida Sumsel Dapat Suntikan Dana Rp 25 Miliar

Wednesday 2 Dec 2015, 4 : 28 pm
by
Direktur Utama Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta

PALEMBANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berencana menambah modal kerja untuk PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan sebesar Rp25 miliar di 2016 nanti.

Suntikan modal yang dikucurkan ini nantinya akan dipakai memperbesar kapasitas penjaminan kredit pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diperbankan.

“Jamkrida Sumsel merupakan lembaga penjamin kredit BUMD Pemprov Sumsel dan penambahan modal ini juga untuk menambah tingkat kepercayaan perbankan kepada Jamkrida Sumsel,” ujar Direktur Utama Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta, Rabu (2/12).

Menurutnya, alokasi tambahan modal Rp 25 miliar ke Jamkrida Sumsel ini direncanakan akan direalisasikan pada Januari 2016.

Suntikan dana ini memperkuat struktur permodalan Jamkrida menjadi Rp 50 miliar.

Dia mengklaim dengan dana tersebut bisa menjamin dua kali lipat dari tahun 2015. Selain itu juga bisa memperbesar kapasitas penjaminan Jamkrida Sumsel untuk dapat menjamin kredit di perbankan.

“Dengan total ini kami bisa menjamin kredit produktif sebanyak 10 kali modal atau sama dengan Rp 500 miliar. Sedangkan untuk kredit nonproduktif bisa menjamin 30 kali modal atau sama dengan Rp 1,5 triliun,” ulasnya.

Dia menyebutkan untuk nilai jaminannya jika meninggal dunia akan mendapatkan jaminan 100 persen, sedangkan kalau kredit macet hanya 75 persen.

Hal itu tergantung dari sisi pinjamannya.

Hatta mengatakan Jamkrida Sumsel termasuk penjamin kredit yang terbilang masih baru.

Pada 2014, Jamkrida baru menjamin Rp 20 miliaran, namun di tahun ini meningkat hingga 18 kali lipat atau menjadi Rp 367 miliar dengan total debitur sebanyak 3.482 orang.

“Kami mengharapkan kedepan akan ada penambahan penyertaan modal kembali oleh Pemprov untuk meningkatkan tingkatkan kepercayaan perbankan kepada kami. Karena untuk menjamin kredit bank BUMN dibutuhkan modal minimal Rp 100 miliar,” ujarnya. (Irwan Wahyudi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Triwulan I-2024 Naik 12,27%, Laba BUMI Jadi US$67,64 Juta

JAKARTA – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) membukukan laba US$67,64

MKGR Calonkan Azis Jadi Ketua MPR

JAKARTA-Kompetisi perebutan Ketua MPR antar parpol pengusung pemerintah makin kencang.