Perekonomian Nasional Harus Dikelola Berdasarkan Demokrasi Ekonomi

Thursday 3 Apr 2014, 6 : 07 pm
by

JAKARTA-Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku siap berkoalisi dengan partai apapun asal memiliki komitmen kebangasaan yang tinggi. Komitmen itu diwujudkan dengan melaksanakan amanat konstitusi, khususnya pasal 33 dan 34 UUD dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. “Sekarang belum bisa dikatakan berkoalisi dengan siapa. Tetapi PAN ini partai yang merah putih dan partai Bhineka Tunggal Ika yang senantiasa membela kepentingan dengan sungguh-sungguh,” ujar Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN,  Amien Rais saat menyampaikan orasi politiknya disela-sela kampanye akbar PAN di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (3/4

Menurutnya, PAN tidak menututp diri untuk berkoalisi dengan partai lain. Tetapi koalisi itu akan terwujud dengan partai yang sama-sama punya komitmen kebangsaan yang tinggi. “Karena itu, PAN melalui Hatta Rajasa bisa berkoalisi dengan partai manapun,” jelasnya.

Komitmen itu diwujudkan dengan melaksanakan amanat konstitusi. Ini artinya, Cabang-cabang yang produksi yang penting bagi negara dan mengusai hajat hidup orang banyak dikuasai negara. “Sekarang dikuasai korporasi asing,” jelasnya.

Selain itu, bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai negara dan dipergunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. “Sekarang dikuasai negara untuk kemakmuran pihak lain,” pungkasnya.

Dia mengatakan perekonomian nasional harus dikelola  berdasarkan demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berwasaan lingkungan, berkelanjutan dan kemandirian. Sekarang ini, pengelolaan ekonomi Indonesia jauh dari prinsip demokrasi ekonomi. “Karena itu, pak Hatta berkoasalisi dengan siapapun yang bisa menterjemahkan pasal 33 menjadi  kenyataan,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, PAN lahir dari Istora Senayan ini. “15 tahun yang lalu, PAN sudah menjadi sebuah entitas politik yang diikuti oleh banyak anak bangsa. Dalam kenyataannya, PAN selalu menjadi 5 besar,” jelasnya.

Karena itu, dia minta kader PAN untuk bekerja lebih keras lagi agar PAN pada 2014 meninggalkan rangking 5 menuju rangking lebih tinggi di posisi 3 atau 4 besar nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

KH. Maruf Amin Perkenalkan Program Pesantren Tanara

SERANG-Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prof. DR. KH. Maruf Amin memperkenalkan

Lima BUMN Bantu Panti Asuhan

WAINGAPU-Menyambut Natal dan Tahun 2019  BUMN Berbagi memberikan santunan kepada