Perekonomian Negara Berkembang Masih Beresiko

Tuesday 8 Oct 2013, 7 : 00 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI)  memperkirakan perekonomian global cenderung melambat dan diliputi oleh ketidakpastian yang tinggi. Kinerja perekonomian di negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Eropa dan Jepang belum kuat meski mulai menunjukkan perbaikan. Sementara itu, perekonomian negara berkembang dibayangi risiko penurunan pertumbuhan ekonomi serta menurunnya kinerja transaksi berjalan dan pelemahan nilai tukar. “Pada saat yang sama, penurunan harga komoditas masih terus terjadi, kecuali harga minyak,” ujar Gubernur BI, Agus Martowardoyo di Jakarta, Selasa (8/10).

Di pasar keuangan, kata dia sejumlah risiko terkait dengan penundaan kebijakan pengurangan stimulus The Fed (tapering), perdebatan debt ceiling dan penghentian sementara layanan pemerintah AS (government shutdown). Secara keseluruhan, melalui jalur perdagangan perkembangan perekonomian global tersebut memberikan tekanan pada kinerja ekspor negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. “Sementara itu, melalui jalur keuangan perkembangan tersebut dalam jangka sangat pendek mendorong masuknya aliran dana non residen ke bursa saham dan obligasi kawasan serta menguatnya mata uang Asia,” jelas dia.

Sejalan dengan pelemahan ekonomi global yang masih berlanjut, jelas dia kinerja perekonomian domestik menunjukkan kecenderungan yang melambat. Perekonomian domestik diprakirakan tumbuh 5,6% di Triwulan III-2013 dan untuk 2013 masih berada pada kisaran 5,5%-5,9%. “Kinerja ekonomi global yang masih melambat dan pergerakan harga komoditas yang masih cenderung menurun, mendorong masih terbatasnya kinerja ekspor,” urai dia.

Konsumsi rumah tangga dan investasi diprakirakan masih tertekan sebagai dampak dari menurunnya daya beli akibat tingginya tekanan harga pasca kenaikan harga BBM bersubsidi. Kinerja perekonomian nasional diprakirakan akan membaik pada tahun 2014, sejalan dengan perekonomian global dan harga komoditas yang diprakirakan membaik. “Secara keseluruhan, perekonomian Indonesia diprakirakan tumbuh lebih tinggi mencapai 5,8% – 6,2%,” pungkas dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jangan Tempatkan Jaksa Berwatak Preman di NTT

Oleh: Petrus Selestinus Kepala Kejasaan Negeri (Kajari) Sikka, NTT, Fahmi,

Pemerintah Akan Dorong Harga Obat Bisa Lebih Terjangkau

JAKARTA-Pemerintah akan memperbaiki regulasi dan iklim investasi industri farmasi sehingga