Peresmian Tunisia–TIBA

TUNISIA-Kalangan pengusaha Indonesia dan Tunisia kini telah memiliki forum untuk mengembangkan jejaring dan kerja sama yang diharapkan dapat mendorong peningkatan perdagangan dan investasi di Kedua Negara dengan diresmikannya Tunisia – Indonesia Business Association (TIBA) pada tanggal 12 Juni 2014 di Hotel Ramada Plaza, Gammarth, Tunis.

Peresmian TIBA dilakukan oleh Menteri Perindustrian, Energi, dan Pertambangan Tunisia, Kamel Ben Naceur, dan Duta Besar RI untuk Tunisia, Ronny P. Yuliantoro. Sejumlah pejabat dan kalangan pengusaha kedua Negara menghadiri peresmian, antara lain: Wakil Kementerian Luar Negeri RI, Dubes Aidil Chandra Salim; Wakil Ketua Majelis Konstituante Tunisia, Maherzia Labidi; Wakil Kementerian Luar Negeri Tunisia, Ghazi Jomaa; Presiden Direktur dan CEO PT Medco Energi Internasional Tbk., (MedcoEnergi) Lukman Mahfoedz, yang didampingi Chief International E & P and New Ventures Officer, Faiz Shahab dan Regional Vice President Middle East MedcoEnergi, Ahmad Syaifuddin; serta CEO dan Presiden Direktur sejumlah grup usaha Tunisia.

Dalam sambutannya Dubes RI menyampaikan dengan keberadaan TIBA diharapkan interaksi antara pengusaha Indonesia dan Tunisia dapat terjalin lebih intensif dan dapat mendorong pertumbuhan perdagangan dan investasi di kedua Negara. Selain itu, interaksi yang meningkat antara Indonesia dan Tunisia diharapkan dapat pula mendorong peningkatan sektor terkait lainnya, termasuk pariwisata. Disebutkan pula kemungkinan penjajakan MedcoEnergi untuk melakukan investasi di sektor minyak dan gas bumi. Penjajakan investasi tersebut merupakan refleksi tanggapan positif terhadap Tunisia pasca Revolusi 2011 yang saat ini dinilai sebagai tujuan investasi yang menarik.

Dubes RI juga menyampaikan bahwa organisasi ‘kembaran’ dari TIBA dengan nama Dewan Bisnis Indonesia – Tunisia (Indonesian – Tunisian Business Council-ITBC) telah pula diresmikan pada tanggal 10 Juni 2014 di Jakarta oleh Duta Besar Tunisia untuk Indonesia, Mr. Mourad Belhassen. Dewan Bisnis Indonesia – Tunisia saat ini diketuai oleh Dr. Alwi Shihab.

Indonesia dan Tunisia sampai saat ini belum merupakan tujuan ekspor dan investasi utama satu sama lain. Komoditas ekspor Indonesia ke Tunisia terbatas pada sejumlah produk antara lain palm oil, pakaian, alas kaki dan suku cadang. Sementara komoditas ekspor Tunisia ke Indonesia hanya didominasi oleh kurma. Volume perdagangan kedua Negara pada tahun 2013 berkisar senilai lebih dari US$ 100 juta. Disamping itu, nilai investasi bilateral Indonesia-Tunisia saat ini belum memperlihatkan potensi riil kedua Negara. Oleh karena itu, keberadaan TIBA dan ITBC diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Tunisia. (Alfons)