Perkuat Fondasi Bisnis Digital, TLKM Siap Hadirkan HyperScale Data Center

ilustrasi

JAKARTA-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) akan membangun data center berskala besar dengan sertifikasi Tier 3 dan Tier 4, Telkom HyperScale Data Center (HDC) guna mengakselerasi bisnis digital platform sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT.

Berdasarkan siaran pers TLKM yang dilansir di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (9/7), dengan kategori tier tersebut, maka data center ini memiliki spesifikasi, fasilitas dan service level terbaik dengan 99,995 persen uptime dan fully redundant infrastructure.

“Ini tentunya memantapkan langkah Telkom menjadi digital telco dengan memperkuat fondasi bisnis digital di masa depan, khususnya untuk domain digital platform”.

Berlokasi di Bekasi, hari ini Direktur Utama TLKM, Ririek Adriansyah dan Direktur Network & IT Solution TLKM, Herlan Wijanarko melakukan peletakan batu pertama pembangunan HDC yang menjadi salah satu data center berkapasitas terbesar di Indonesia, dengan konsep Evolve, Connected and Origin (ECA) green data center dan menggunakan anyaman sebagai material untuk desain gedung.

Baca :  General Motors Nobatkan Hankook Tire Raih Predikat Pemasok Terbaik Tahun 2019

Menurut Herlan Wijanarko, Telkom HDC memiliki kelebihan berupa connectivity dan coverage terluas di Indonesia yang terhubung dengan access network milik TelkomGroup.

Data center ini.akan didesain dengan sertifikasi berstandar internasional Uptime Tier IV.

“Dengan kelebihan yang dimiliki, kehadiran Telkom HyperScale Data Center ini ditujukan untuk mega player, global player dan korporasi dari berbagai sektor, seperti finance and banking, government, private sector, manufacturing, content provider, global cloud provider,” ujar Herlan.

Sebelumnya, TLKM telah memiliki 22 data center yang terdiri dari lima data center internasional, 14 Neucentrix, serta tiga data center Tier 3 dan Tier 4.

Kehadiran Telkom HDC ini akan mempertahankan posisi TLKM sebagai market leader di bisnis data center.

Baca :  General Motors Nobatkan Hankook Tire Raih Predikat Pemasok Terbaik Tahun 2019

Ririek Adriansyah menambahkan, Telkom HDC merupakan wujud komitmen perseroam untuk menjadi digital telecommunication company melalui akselerasi terhadap bisnis digital platform, salah satunya adalah data center.

“HyperScale Data Center membuktikan keseriusan Telkom untuk menjadi biggest player di pasar digital platform. Dengan kemampuan menyediakan fasilitas high density capacity, data center ini tidak hanya dapat digunakan oleh korporasi dan pelaku industri di Indonesia, tetapi juga untuk pemain besar content player kelas dunia,” tutur Ririek.

Telkom dibangun di lahan seluas 65.000 meter persegi dan total kapasitas hingga 10.000 rack, serta kapasitas total daya listrik sebesar 75 MW dengan pembangunan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama akan dibangun satu gedung data center, powerhouse dan gedung kantor yang diperkirakan selesai pada Kuartal II-2021

Baca :  General Motors Nobatkan Hankook Tire Raih Predikat Pemasok Terbaik Tahun 2019