Perlu Disusun Pendanaan Program Jaminan Pensiun

Kamis 24 Apr 2014, 8 : 00 pm

JAKARTA-Tiga lembaga diminta menyatukan sistem pendanaan program jaminan pensiun yang akan dilaksanakan pada Juli 2015 mendatang. Adapun lembaga terkait itu, antara lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. “Karena ini bicara kelanjutan dari program yang sifatnya wajib dan terkait dana negara,” kata Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Dumoly F Pardede, Kamis (24/4).

Menuryt Dumoly, pembicaraan terkait sistem pendanaan program jaminan pensiun perlu disusun dengan hati-hati. Regulator mengisyaratkan, program jaminan pensiun nantinya tidak membebani negara.

Karenanya, lanjut Dumoly lagi, iuran dan manfaat pensiunnya nanti harus sesuai. Misalnya, ada batasan manfaat pensiun yang akan dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Di luar batasan itu, program dana pensiun dijalankan oleh perusahaan asuransi atau pensiun komersial.

Menurut Dumoly, perlu ada kerja sama untuk menyusun program pensiun yang dijalankan BPJS. Tujuannya untuk menimalisir risiko shortage fund saat membayar kewajiban. “Menjamin kemampuan bayar (solvency) BPJS sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam menjalankan program wajib ini,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kota Tangerang terpilih masa Masa Bakti 2022-2026, Apollo Tampubolon usai pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-5 Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPC Tangerang di Hotel Novotel Kota Tangerang, Rabu (29/06/2022)

Ikuti Sistem Cashless, Ketua Hiswana Migas Kota Tangerang, Apollo Tampubolon Dukung Kebijakan Pertamina

TANGERANG–Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kota Tangerang

Logisticsplus International Siap Raih Dana IPO Rp45 Miliar

JAKARTA-PT Logisticsplus International Tbk (LOPI), calon emiten di bidang transportasi