Pertemuan Para Menteri Perdagangan APEC di Surabaya

Jumat 12 Apr 2013, 6 : 56 pm
by

JAKARTA-Para Menteri Perdagangan  ekonomi  Asia – Pacific Economic Cooperation (APEC) kembali akan menggelar pertemuan tahunan pada  20 – 21 April 2013 di Kota Pahlawan, Surabaya. Pertemuan para Menteri ini didahului dengan serangkaian pertemuan di tingkat  subfora  dan  working group sejak  7 April 201 3 yang selanjutnya dirangkum dalam pertemuan  Committee on  Trade and Investment, Economic Committee dan  Sub Committee on ECOTECH untuk dilaporkan  kepada Senior Official Meeting . Delegasi Indonesia akan dipimpin oleh Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, yang sekaligus merangkap sebagai Pimpinan Sidang  (Chair)selama berlangsungnya  pertemuan.

Dengan tema Resilient Asia Pacific; Engine of Global Growth ”,para Menteri Perdagangan akan  membahas beberapa isu strategis guna terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dan  investasi di kawasan ini.

Isu  tersebut antara lain adalah dukungan terhadap  World Trade Organization (WTO),terutama dalam menghadapi pertemuan ke 9 Ministerial Conference (MC9) yang rencananya akan berlangsung pada Desember tahun ini di Bali. “MC9 merupakan kesempatan penting bagi semua anggota WTO untuk menggapai kembali  kepercayaan terhadap sistem perdagangan multilateral di bawah naungan WTO. MC9 juga  merupakan momentum kunci untuk menggulirkan kembali Perundingan Putaran Doha yang sejak  tahun 2001 terus berputar di tempat walaupun ada sejumlah kemajuan. Karena itu, para Menteri  Perdagangan APEC perlu menyatukan visi dan tekad guna menyukseskan MC9 di Bali pada Desember  yang akan dating,” ungkap  Dirjen Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Terima Kunker DPRD Kabupaten Pandeglang

BEKASI-Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menerima
bisnis model BBRI, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dan PT Pegadaian (Persero) akan menciptakan banyak transaksi afiliasi yang bersifat material dengan benturan kepentingan.

Tak Kunjung Tersangkakan Hs, MAKI Gugat Jaksa Agung

JAKARTA-Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mengajukan gugatan praperadilan terhadap Jaksa