Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan III-2014 Masih Melambat

Wednesday 5 Nov 2014, 7 : 47 pm
by
Penurunan PMI-BI tersebut sejalan dengan kegiatan sektor Industri Pengolahan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang sedikit terkontraksi di tengah kebijakan pembatasan mobilitas pada triwulan III 2021
Ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan III -2014 sebesar 5,01% (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2014 sebesar 5,12% (yoy).

Untuk tiga triwulan pertama tahun 2014 pertumbuhan ekonomi tercatat 5,11%.

Realisasi pertumbuhan PDB ini sejalan dengan perkiraan BI bahwa pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2014 akan cenderung berada dalam batas bawah kisaran 5,1%-5,5%.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs menjelaskan konsumsi swasta tercatat masih tumbuh cukup tinggi yaitu 5,44% pada triwulan III-2014, meskipun lebih rendah dari triwulan II-2014 sehubungan dengan pengeluaran pascapemilu.

Kinerja investasi juga masih tumbuh cukup baik yaitu tercatat 4,02% pada triwulan III- 2014, meskipun melambat dari triwulan sebelumnya didorong oleh terkontraksinya investasi nonbangunan terutama investasi alat angkut dan alat berat.

“Di sisi lain, konsumsi pemerintah tumbuh meningkat didorong oleh penyerapan belanja barang yang lebih kuat. Secara keseluruhan permintaan domestik masih menjadi penopang pertumbuhan ekonomi,” jelasnya di Jakarta, Rabu (5/11).

Dari sisi eksternal, ujarnya kinerja ekspor cenderung membaik, meskipun mengalami kontraksi, sejalan dengan terselesaikannya permasalahan ekspor barang tambang dan mulai meningkatnya ekspor manufaktur. Sejalan dengan itu, pertumbuhan impor masih mengalami kontraksi sebagai respon atas moderasi permintaan domestik yang masih berlanjut.

Namun demikian, BI memandang bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi di triwulan III-2014 tersebut masih sejalan dengan langkah pengelolaan stabilitas makroekonomi yang dilakukan oleh BI bersama Pemerintah selama ini, terutama untuk mengendalikan inflasi dan defisit transaksi berjalan.

“BI akan terus memonitor berbagai perkembangan baik domestik maupun eksternal dan memastikan agar perekonomian nasional ke depan berjalan dengan sehat dan berkelanjutan,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sidang Perdana PHI 14 Orang Pekerja Sindo Weekly, Tergugat Tidak Hadir

JAKARTA-Bertempat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, 14 orang pekerja dari

BRI Akan Akuisisi Perusahaan Asuransi

JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)  sedang menjajaki kemungkinan